Scroll to Top

Barcelona Menang 7-0, Pecahkan Rekor 63 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 20 Aug 2013

Barcelona Menang 7-0, Pecahkan Rekor 63 Tahun

Barcelona sukses mencatakan kemenangan besar 7-0 dari Levante. Hal ini tidak membuat klub Catalan memuncaki klasemen sementara, tetapi juga membuat mereka memecahkan rekor yang sudah bertahan selama 63 tahun. Namun, ada kenangan pahit tentang rekor selisih gol yang sangat besar di pekan pertama ini.

Sebesar-besarnya kemenangan Barcelona di pekan pertama Liga Spanyol, belum pernah mereka meraih tiga angka di awal kompetisi dengan margin semasif ini: selisih tujuh gol. Rekor terbaik yang dicapai oleh Barca sebelum era Tata Martino, terjadi pada tahun 1950-51.

Ketika itu, Barcelona menggulung Real Sociedad dengan skor 8-2, alias cuma margin enam gol. Lebih spektakuler lagi karena legenda Cesar Rodriguez memborong empat gol dalam laga yang digela di Les Corts pada 10 September 1950. Keadaannya pun sama, klub Catalan memuncaki klasemen di pekan pertama. Unggul dari Sevilla yang menang 5-0 serta Real Madrid dan Athletic yang sama-sama menggengam kemenangan selisih empat gol.

Sayang, pada kompetisi tersebut, nasib Barcelona berakhir tragis. Mereka gagal juara. Atletico Madrid, klub yang di pekan pertama dibekap Athletic 4-0, justru menjadi kampiun dengan selisih dua poin dari pesaing terdekat Sevilla.

Apakah memori pahit musim tersebut terulang? Barcelona yang digdaya di pekan pertama, kemudian mengalami kemerosotan dari pekan ke pekan, lalu gagal juara? Bisa jadi demikian. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, dan penambahan poin kemenangan menjadi tiga (bukan lagi dua seperti pada kompetisi musim 195-51 tersebut) belakangan kompetisi Liga Spanyol seolah hanya menjadi milik Barca dan Madrid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda