Scroll to Top

Pikun di Usia Muda, Ini Penyebabnya

By C Novita / Published on Tuesday, 20 Aug 2013

penyebab pikun

Salah satu faktor yang menjadi penyebab datangnya penyakit pikun atau demensia, adalah usia yang telah senja, sehingga fungsi memori di otak menurun. Namun apa jadinya bila usia masih muda (18-39 tahun) tetapi penyakit tersebut sudah Anda idap?

Mungkin saja Anda kerap melakukan beberapa hal di bawah ini, yang ternyata memicu timbulnya pikun. Apa saja hal tersebut? She melansirnya seperti berikut:

  • Kebiasaan minum beralkohol

Konsumsi alkohol selain tak sehat, juga dapat membuat daya ingat menurun. Anak muda yang kerap meminum minuman keras tersebut bahkan bisa terancam mengidap gangguan memori jangka panjang, resiko terparahnya. Sebabnya, ternyata alkohol membuat tubuh kekurangan vitamin B12 yang merupakan vitamin yang dibutuhkan otak.

  • Stres atau depresi

Efek samping lain dari stres atau depresi adalah Anda menjadi pelupa. Saat seseorang stres, maka otak akan mengalami kesulitan berkonsentrasi dan menyimpan informasi.

  • Malas berfikir

Otak juga seperti anggota tubuh yang lain. Bila tak pernah digunakan untuk berfikir dan berlatih memecahkan masalah, maka kemampuannya akan menurun. Hasilnya, ia jadi lambat merespon masalah dan lekas pikun.

  • Obat-obatan

Narkotika atau berbagai zat yang memiliki efek sama, tak hanya berbahaya bagi kesehatan pemakainya. Ia pun bisa membahayakan otak, serta membuatnya mengalami demensia.

  • Kurang tidur

Tidur di malam hari adalah sebuah pola yang baik bagi kesehatan, sebab jam biologis manusia memang mengharuskannya demikian. Bila Anda membalik polanya, begadang di malam hari dan beraktifitas lagi di siang hari, maka otak dapat kesulitan menggabungkan memori informasi yang Anda dapatkan setiap hari. Hasilnya, resiko kepikunan akan menjadi lebih besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda