Scroll to Top

Indonesia Juga Punya Balon Udara WiFi, Mengudara di Klaten

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 20 Aug 2013

Balon WiFi

Masih ingat dengan proyek balon udara Google yang pancarkan WiFi di negara tertinggal? Di Indonesia ternyata punya teknologi serupa. Bahkan, balon udara WiFi ini telah mengudara sejak akhir bulan Juli 2013 lalu di Kota Klaten, Jawa Tengah.

Namun balon udara ini bukanlah bagian dari proyek balon Google. Dikutip dari Kompas, program ini diprakasasai oleh Kelompok Pengguna Linux Indonesia Klaten atau KPLI Klaten yang bernama Klaten Go Online.

Program tersebut juga didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Klaten dan Telkom Kandatel Klaten. Selain itu Grup Telkom, Telkom dan Telkomsel juga turut mendukung.

Dioperasikan pada akhir Juli 2013, balon udara WiFi ini mengangkasa bertepatan dengan HUT Klaten yang ke-209 tahun. Balon udara ini melambung tinggi di halaman kantor Pemkab Klaten.

Selain itu balon udara tersebut juga mengudara di alun-alun pusat Kota Klaten. Pengguna bisa mengakses internet gratis dengan menggunakan nama pengguna: klaten dan kata sandi: goonline.

Pada pertengahan Juni 2013 lalu Google gelar Project Loon yang melepas 30 balon udara sebagai pemancar WiFi di wilayah Christchurh, Selandia Baru. Tujuan Google sendiri agar masyarakat yang berada di daerah tertinggal bisa terjangkau internet.

Apa yang dilakukan Google sendiri mendapat kritik pedas dari Bill Gates. Menurutnya Google hendaknya lakukan bantuan kemanusiaan yang nyata seperti apa yang dilakukan yayasan Bill & Melinda Gates.

Sedangkan Klaten Go Online sendiri miliki dua program untuk masyarakat Klaten; pembentukan Desa IT ‘Kampoeng IT’ dan kerjasama, pembinaan, dan pelatihan untuk sekolah-sekolah khususnya penggunaan aplikasi open source dan Linux pada dunia pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda