Scroll to Top

Cara Sehat Mengendalikan Kemarahan

By C Novita / Published on Tuesday, 20 Aug 2013

marah

Apakah Anda sering marah secara tak terkendali, dan menyesali keadaan tersebut kemudian? Hal ini memang kerap terjadi karena tekanan hidup yang dirasakan manusia saat ini begitu besar. Namun ada baiknya Anda mulai belajar untuk mengendalikan kemarahan tersebut, agar hubungan dengan keluarga dan orang di sekitar Anda tetap terjaga.

Bagaimana cara sehat mengendalikan kemarahan? Boldsky melansirnya seperti berikut ini:

  • Hitung mulai 10 – 1

Mulailah berhitung mundur dari angka 10 hingga ke 1, saat Anda merasa akan meledak karena marah. Konsentrasi pada angka-angka yang Anda hitung, hingga perhatian teralihkan dari sumber kemarahan. Saat perhatian teralihkan, maka Anda punya waktu sejenak untuk berfikir dan menunda marah Anda.

  • Berjalan menjauh

Segera tinggalkan tempat dimana Anda marah saat itu. Berjalanlah ke luar ruangan, atau ke tempat lain untuk mendapat udara segar. Percayalah, hal tersebut sangat membantu Anda untuk mengendalikan kemarahan.

  • Bernafas dalam

Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan sambil berkonsentrasi pada setiap tarikan nafas Anda. Pada setiap hembusan nafas, yakinlah bahwa kemarahan akan memudar pula. Itu akan membuat Anda tenang dan relaks.

  • Cari solusi

Bila Anda selalu marah karena hal yang sama, maka usahakan untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Misalnya masalah anak yang tak mau belajar, maka beri solusi dengan mencari tempat les atau guru les yang dapat membimbingnya belajar.

  • Belajar untuk memaafkan dan melupakan

Kadang, Anda perlu juga belajar untuk memaafkan masalah yang membuat Anda marah. Belajarlah lapang dada, memaafkan serta melupakan hal tersebut. Bagaimanapun, tidak setiap keinginan kita dapat terkabulkan, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda