PSV vs AC Milan

Skor 1-1 menjadi hasil pertandingan PSV vs AC Milan yang digelar di Stadion Philips pada Rabu, 21 Agustus 2013. Stephan El-Shaarawy sempat membuat Rossoneri unggul di leg pertama play-off Liga Champions 2013-2014. Namun, ada sosok Tim Matavz yang menyelamatkan muka tuan rumah di menit 60. Hasil Liga Champion ini menguntungkan Milan yang akan menjadi tuan rumah di leg kedua.

Menjalani laga resmi pertama musim ini pelatih Milan, Max Allegri memakai formasi 4-3-3 dengan tokoh utama Mario Balotelli dan Stephan El-Shaarawy di depan. Sementara, tuan rumah PSV yang dalam lima partai resmi perdana mereka selalu menang, menjadikan Tim Matavz sebagai penyerang tunggal.

Dengan rata-rata usia pemain 22 tahun, pasukan Philip Cocu menggebrak sejak menit awal melalui ancaman Adam Maher (‘2) dan Georginio Wijnaldum (‘9). Setelah sedertan peluang yang terblok barisan pertahanan Milan, PSV harus gigit jari di menit 15.

Umpan silang Ignazio Abate diselesaikan oleh Stephan El-Shaarawy yang tak terkawal untuk menaklukkan Jeroen Zoet. Kesempatan berikutnya selang dua menit, tak membuat skor membesar setelah upaya Mario Balotelli yang dibendung Zoet membentur mistar.

PSV vs AC Milan 2

Tertinggal 0-1, PSV semakin gencar menghantam AC Milan. Adan Maher (’24) memaksa Christian Abbiati melakukan penyelamatan. Pemain yang sama juga menembak di menit 32 dan 36 –yang terakhir membentur mistar—, tapi hasilnya nihil. PSV tetap tertinggal hingga turun minum.

Rossoneri sempat berpeluang memperlebar jarak kala babak baru dimulai. Namun, bola chip Stephan El-Shaarawy (’50) dan momen penting bagi sang penyerang Italia (’52) melayang. Lalu, PSV menemukan apa yang mereka cari selama ini: gol kala laga berjalan satu jam. Adalah blunder Abbiati dalam menahan bola tembakan jarak jauh Jeffrey Bruma, yang membuat Tim Matavz bisa menyarangkan gol dari jarak dekat.

Wakil Italia kemudian tampil lebih fokus di sisa pertandingan. Peluang mereka lebih berbahaya, tapi PSV tak mau kebobolan lagi. Skor akhir 1-1, dan Milan cuma butuh hasil seri 0-0 di leg kedua untuk lolos ke babak penyisihan grup.

PSV vs AC Milan 3
PSV (4-2-3-1): Zoet; Brenet, Bruma, Rekik, Willems; Schaars (Oscar Hiljemark ’89), Maher; Park (Florian Jozefzoon ’68), Wijnaldum, Depay; Matavz (Locadia ’75).

MILAN (4-3-3): Abbiati; Abate, Mexes, Zapata, Emanuelson; Montolivo, De Jong (Andrea Poli ’78), Muntari; Boateng (L. Niang ’84), Balotelli, El Shaarawy.