Scroll to Top

X-26, Komputer Mini Berdesain Mirip Mac Mini

By Ditya / Published on Wednesday, 21 Aug 2013
X-26
Komputer Mini X-26

Tren komputer mini dengan harga murah kian meningkat. Baru-baru ini muncul komputer mini yang mengusung desain mirip dengan Mac Mini besutan Apple, yakni X-26. Komputer mini X-26 ini dibalut casing berwarna putih silver dengan desain form-factor yang cukup mirip dengan Apple Mac Mini.

Berbeda dengan kebanyakan komputer mini yang berbasis prosesor ARM yang hanya kompatibel dengan sistem operasi Android dan distribusi Linux tertentu, X-26 ini menggunakan basis prosesor x86 yang kompatibel dengan sistem operasi Windows dan mayortas distribusi Linux, sebut saja Debian, Ubuntu, Mint, dan Fedora.

Sektor dapur pacu, komputer mini X-26 ini ditenagai oleh prosesor Intel Celeron 1037U dual-core dengan kecepatan 1,8GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan didukung pengolah grafis dari Intel HD Graphics dengan kecepatan 350MHz hingga 1GHz.

X-26 back

Sayangnya, komputer mini X-26 ini hanya dibekali dengan memori internal sebesar 8GB, tentu kapasitas sebesar ini tak akan cukup jika menggunakan sistem operasi Windows versi baru. Jika menggunakan Linux, kapasitas yang tersisa juga tak banyak. Pengguna dapat menambahkan SSD (Solid State Drive) atau hard disk 2,5 inci untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Sektor konektivitas, komputer mini X-26 ini dipersenjatai oleh 4 port USB 2.0, port VGA, port COM, port HDMI, port untuk power, WiFi, Ethernet, dan port audio. X-26 ini tampaknya cocok untuk digunakan sebagai HTPC, pusat hiburan di rumah atau menangani tugas komputasi ringan.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (20/08/2013), komputer mini X-26 ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaknu US $145 atau sekitar Rp 1,5 juta yang dapat dipesan di situs AliExpress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda