Scroll to Top

FB Akui Gagal Jaga Privasi Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 21 Aug 2013

Mark Zuckerberg

FB mengakui jika mereka telah gagal jaga privasi pengguna. Ini dipicu oleh ‘ulah’ peretas Khalil Shreateh asal Palestina. Namun, Facebook berikan sedikit catatan terkait peristiwa tersebut.

Facebook mengamini jika mereka tidak seharusnya mengabaikan laporan Khalil Shreateh. Sejurus kemudian, miskomuniksi yang disinyalir jadi akar permasalahan.

“Saya memahami rasa frustasinya (Khalil Shreateh). Ia mencoba untuk laporkan bug dan kami gagal berkomunikasi dengannya,” tulis Joe Sullivan, Chief Security Officer Facebook dalam sebuah postingan.

Seperti diketahui sebelumnya, Khalil Shreateh nekat membobol akun bos FB Mark Zuckerberg. Ia memilih lakukan itu sebab tak mendapat perhatian dari tim keamanan Facebook.

Inilah kemudian yang jadi permasalahanan kemudian. Lewat program whitehat, Khalil Shreateh seharusnya mendapat reward. Namun, akibat ulahnya di akun FB sang bos, reward itu hilang.

Sullivan berujar hacker yang temukan celah tak harus praktik di akun yang sesungguhnya (real). FB telah siapkan akun dummy untuk cegah privasi dilanggar.

Akibat insiden ini Facebook telah mengubah cara mereka tatkala menerima bug pelapor. Pertama, perbaikan komunikasi via email, dan kedua, memerbarui laman whitehat dengan informasi lebih lanjut yang lebih akurat.

Lantas, bagaimana dengan nasib Khalil Shreateh sendiri? Memang ia tak menapat sepeserpun dari FB. Tapi, Marc Maiffret, CEO perusahaan keamanan BeyondTrust luncurkan kampanye GoFundMe untuk berikan penghargaan padanya.

Ia telah kumpulkan sekitar USD 8.000 dari target USD 10.000. Menurut Marc, Khalil Shreateh memang salah. Namun bug yang ia temukan telah diatasi sebelum orang lain lakukan hal buruk dengan celah itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda