Scroll to Top

Instagram Blokir Aplikasi Tersemat Kata Insta dan Gram

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 21 Aug 2013

Instagram

Instagram rilis kebijakan baru bagi pengembang yang gunakan API (Application Programming Interface) mereka. Pemutakhiran ini tidak memerbolehkan aplikasi terhubung tersemat nama Insta dan Gram. Jika developer ngeyel, maka aplikasi mereka akan diblokir.

Lantas bagaimana dengan pengembang yang terlanjur gunakan salah satu nama tersebut? Mereka wajib mengantinya. Setidaknya Instagram berikan tenggat waktu 48 jam bagi developer untuk lakukan itu. Sebuah email pemberitahuan telah dikirim ke tiap pengembang.

Instagram sebelumnya lebih lunak dalam penggunaan nama aplikasi yang terhubung. Pengembang diizinkan gunakan salah satu nama baik itu Insta atau Gram. Namun Instagram kemudian berubah pikiran. Mereka tak ingin aplikasi lain menyamai aplikasi resmi.

Sejatinya, aplikasi lain yang miliki nama mirip Instagram bukannya tanpa tujuan. Pengembang memilih nama itu guna menunjukkan ke pengguna jika aplikasi yang ada memang ada kaitannya dengan Instagram.

Misalkan saja Webstagram atau Luxogram. Keduanya, gunakan API Instagram di akivitas aplikasinya. Instagram sendiri juga telah membatasi fungsi di aplikasi pihak ketiga. Misalkan saja tetap tampilkan foto Instagram namun tanpa kemampuan mengunggah.

Pihak Instagram sendiri tetap mendukung developer untuk kembangkan aplikasi hebat bersama Instagram. Mereka tetap diperkenankan gunakan API Instagram asalkan sesuai dengan ketentuan. Dan salah satu ketentuan itu terkait nama. Instagram tak ‘terima’ aplikasi lain menyamai aplikasi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda