Scroll to Top

Mobil Google Street View Dicegat Warga, Sopir Dikira Mata-mata

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 21 Aug 2013

Mobil Kamera Street View - Google Maps

Mobil Google Street View di Thailand miliki pengalaman unik. Mobil berkamera 360 derajat ini dicegat warga. Sang supir, dikira seorang mata-mata. Bagaimana kisah ini bermula?

Dikisahkan, saat melaju di jalanan di Desa Ban Sa-iap, Distrik Song, Thailand, mobil canggih Google ini tiba-tiba dicegat sekitar 20-an orang. Warga setempat mengira jika mobil ini bagian dari alat mata-mata pemerintah.

Diketahui jika warga tengah besengketa dengan pemerintah Thailand terkait rencana pembangunan bendungan. Warga setempat menolak usulan tersebut dan didukung oleh pemerhati lingkungan.

Di depan patung Budhha, sang supir diintrogasi. Ia bahkan harus bersumpah jika tak bekerja dengan pemerintah guna keperluan intelijen.

Juru bicara Google, Taj Meadows, berujar jika program Street View yang dilakukan telah penuhi hukum-hukum lokal (Thailand). Pun juga Google hanya memotret fasilitas umum.

Mobil Google Street View sendiri kerap terjungkal masalah privasi. Kasus pelanggaran privasi bukan sekali dua kali dilaporkan. Rata-rata keberatan yang masuk akibat aktivitas pemotretan yang dilakukan.

Kembali ke Thailand, warga setempat pun kemudian meminta maaf atas kesalahan yang mereka lakukan. Mereka pun sejatinya hanya bertindak hati-hati sebab sebelumnya tidak sedikit kejadian serupa yan terjadi.

Tahun lalu mobil Google Street View sempat berada di Jakarta. Memang tanah air sebentar lagi akan di-Street View-kan oleh Google. Keunikan dari mobil berkamera ini adalah kemampuan kameranya untuk membidik gambar 360 derajat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda