Scroll to Top

Bagaimana Membedakan Mentega dan Margarin?

By C Novita / Published on Wednesday, 21 Aug 2013

mentega dan margarin

Anda kerap bingung saat membaca resep yang tertulis menggunakan margarin serta mentega? Walau sekilas mirip, memang kedua bahan masakan itu berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah perbedaan antara mentega dan margarin:

  • Margarin

Jika Anda perhatikan, maka margarin mempunyai tekstur yang kaku dan padat. Biasanya di pasaran margarin dijual dalam kemasan plastik. Bahan masakan ini dibuat dari lemak nabati yang dicampur garam.

Apabila Anda mengocok margarin dengan mixer, maka ia akan mudah lumer atau lembek. Warnanya kuning terang, dan bahan ini kerap digunakan sebagai campuran minyak goreng untuk menumis agar masakan lebih lezat dan gurih. Margarin juga baik dipakai sebagai bahan pembuat cake.

  • Mentega

Bahan pembuat mentega adalah lemak susu hewani yang dicampur beberapa bahan seperti air, garam serta susu. Karena itu warna mentega pucat kuning, dan sangat mudah leleh. Aromanya juga lebih kuat dan gurih. Anda dapat menemuinya di pasaran dalam kemasan aluminium atau kaleng.

Mentega adalah bahan terbaik untuk membuat kue kering, sebab ia akan membuat kue menjadi lebih wangi dan garing.

Mentega sangat mudah berubah aromanya bila kemasan telah dibuka. Karena itu simpan di lemari pendingin atau tempat sejuk agar teksturnya tetap padat dan aromanya tak berubah.

Untuk hasil yang lebih baik, beberapa resep memang mencampurkan antara penggunaan mentega dan margarin dengan perbandingan satu banding satu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda