Scroll to Top

Claude Debussy, Pelopor Musik Impresionis di Google Doodle Hari Ini

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 22 Aug 2013

Claude Debussy, Pelopor Musik Impresionis di Google Doodle Hari Ini

Google doodle hari ini, Kamis, 22 Agustus 2013 memperingati hari lahir Claude Debussy, komposer Prancis, yang ke 151. Google doodle menyuguhkan animasi yang menggambarkan keanggunan kota di bawah cahaya rembulan, menggambarkan karya Debussy yang paling terkenal ‘Clair de lune‘.

Bukan sebuah kebetulan jika pria bernama lengkap Achille-Claude Debussy mendapatkan gelar Kesatria pada Legiun d’honneur pada 1903. Ia dikenal sebagai figur paling krusial yang membawa musik Barat ke arah era modern.

Debussy juga merupakan tokoh utama musik impresionis, meski ia tidak suka dengan penamaan tersebut pada jenis musik yang dikomposisikannya. Dan hingga saat ini, Debussy adalah salah satu komposer paling terkenal dan berpengaruh.

Karya-karya agung Claude Debussy, seringkali merefleksikan apa yang dialami sang komposer dalam hidupnya. Dalam lingkaran Sastra Prancis, gaya pada periode hidup Debussy disebut sebagai simbolisme, gaya dan gerakan yang secara langsung menginspirasi Debussy, baik sebagai komposer maupun aktivis budaya.

Sepanjang hidupnya, Debussy melahirkan komposisi penting, baik dalam piano, opera, cantatas, orkestra, dan sebagainya. Karya yang paling terkenal adalah Suite bergamasque yang dikerjakannya selama hampir 15 tahun. Dan bagian yang paling fenomenal adalah Clair de lune (cahaya bulan), bagian ketiga dari Suite bergamasque yang terinspirasi oleh puisi karya Paul Verlaine. Kesan malam yang syahdu, megah, dan anggun begitu lekat dalam karyanya yang satu ini.

Meskipun memiliki bakat musik yang luar biasa, sisi lain sang komposer adalah kehidupannya yang penuk intrik, terutama berkaitan dengan wanita. Ia meninggal pada 25 Maret 1918, di tengah bombardir serangan artileri dan udara oleh Jerman terhadap Paris di Perang Dunia I.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda