Scroll to Top

Internet.org: Mimpi Bos FB Hubungkan Manusia Seluruh Dunia dengan Internet

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 22 Aug 2013

Internet Org

Lewat Facebook, Mark Zuckerberg telah hubungkan jutaan orang di seluruh penjuru dunia, tak kenal jarak dan waktu. Kini, bos FB itu miliki mimpi baru. Ia ingin kian banyak manusia di planet Bumi ini untuk terhubung di dunia maya. Untuk itulah ia dirikan Internet.org.

Internet.org bukan hanya disokong Facebook seorang. Mark Zuckerberg membawa gerbong berisi perusahaan-perusahaan top teknologi dunia macam Ericsson, MediaTek, Opera Software, Samsung, Nokia, dan Qualcomm. Secara total, ada tujuh perusahaan yang jadi pilar Internet.org.

Lantas, apa yang dibidik oleh proyek tersebut? Secara umum, Internet.org ingin semua manusia di jagad raya terhubung dengan koneksi internet. Secara khusus, lewat proyek ini netizen bisa menikmati internet murah, cepat, handal, serta dengan kemampuan smartphone berkualitas.

Ibarat koalisi, tujuh perusahaan tersebut saling bahu membahu dan bekerjasama wujudkan itu. CEO Nokia Stephen Elop berujar jika the next revolusi industri akan menyasar pada akses internet universal. Selain menyasar ke masyarakat, proyek ini juga jadi model ‘bisnis’ baru.

Seperti bagaimana penawaran insentif ke operator, perangkat, pengembang, serta strategi guna menurunkan biaya akses. Ini termasuk penambahan jumlah bahasa di pelbagai perangkat bergerak termasuk smartphone. Menariknya, di situs Internet.org sudah tampilkan informasi berbahasa Indonesia.

Data dari Internet.org mencatat ada 2,7 miliar orang di dunia yang telah menikmati akses internet. Sedangkan yang kurang beruntung, sekitar dua per tiga total penduduk Bumi. Salah satu misi Internet.org adalah memberikan kesempatan 5 miliar manusia untuk terhubung dengan internet.

[youtube width=”600″ height=”300″]NdWaZkvAJfM[/youtube]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda