Scroll to Top

LINE Raup Laba Rp 107 Miliar per Bulan dari Jualan Stiker

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 22 Aug 2013

LINE

Jika bicara soal LINE pasti akan menyasar ke stiker khas aplikasi mereka. Ya, instant message app ini memang dikenal sebagai pelopor stiker yang kini menjamur di aplikasi pesan instan. Melansir The Next Web, buah dari penjualan stiker, LINE mampu untung USD 10 miliar per bulannya.

Aplikasi asal Jepang ini total meraup laba sekitar 1 miliar yen atau setara Rp 107 miliar. Jumlah tersebut sejurus dengan jumlah pengguna mereka yang Juni lalu di angka 200 juta, dan kini jumlahnya jadi 230 juta pengguna.

LINE seakan telah berevolusi dari aplikasi pesan instan ke industri platform sosial. Betapa tidak, setidaknya ada 52 aplikasi yang dinaungi LINE termasuk aplikasi game, komunikasi, tool, foto, di device Android dan iOS. Salah satunya adalah LINE Camera yang telah menyentuh 48 juta unduhan secara global.

LINE Inc. – induk LINE – juga miliki kantong pendapatan lain diluar stiker. Sebut saja purchase aplikasi dan game (berbayar). Pada kuartal kedua tahun ini, LINE mampu bukukan pendapatan di angka USD 132 juta.

Aplikasi lain juga lakukan monetisasi serupa dengan LINE. Sebut saja KakaoTalk via stiker dan purchase aplikasi serta game. Namun ada pula aplikasi pesan instan yang menggali lagi dari penjualan platform aplikasi itu sendiri. WhatsApp misalnya yang membanderol aplikasinya USD 0,99 setelah satu tahun pemakaian gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda