Scroll to Top

Google Mulai Aplikasikan Waze di Google Maps

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 22 Aug 2013

Waze

Google akhirnya mulai menggarap Waze. Aplikasi pemetaan sosial itu kini telah diaplikasikan di Google Maps. Lantas, apa yang baru dengan peta digital Google yang telah disuntikkan teknologi Waze?

Hubungan Google dan Waze sejatinya bertimbal balik. Waze berikan salah satu kemampuan terbaik mereka, begitu juga dengan Google. Salah satu fitur unggulan Waze yakni pelaporan real time lalu lintas di jalan raya.

Kini, di Google Maps, pengguna bisa mendapati laporan di jalan raya secara real time. Laporan ini dari user Waze yang alami pengalaman langsung di jalanan. Lantas, apakah yang dilaporkan?

Beragam. Namun umumnya seperti gangguan perjalanan. Sebut saja macet, penutupan jalan, perbaikan jalan, adanya kecelakaan lalu-lintas, bahkan hingga banjir. Pengguna ‘laporkan’ situasi ini ke Waze agar pengguna lain bisa menghindar atau cari rute lain.

Fitur di atas memang yang membuat Waze spesial. Fitur itu pula yang buat mengapa Google rela gelontorkan dana lebih dari USD 1 miliar. Namun Google tetap buat Waze mandiri. Buktinya, ‘laporan’ gangguan jalan di atas berasal dari app Waze, bukan Google Maps.

Sedangkan sumbangsih Google ke Waze yakni untuk teknologi komunitas Waze. Sebut saja teknologi Google Search yang kini nongol di Waze. Ada pula Street View yang melengkapi keakuratan dan akurasi peta di Map Editor di Waze

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda