Scroll to Top

Corsair Force LS: SSD Berperforma Tinggi dengan Harga Murah Diperkenalkan

By Ditya / Published on Thursday, 22 Aug 2013
Corsair Force LS
Corsair Force LS

Corsair, perusahaan yang terkenal dengan jajaran produk memori dan power supply dengan performa tinggi ini memperkenalkan SSD (Solid State Drive) berperforma tinggi dengan harga yang murah melalui seri Corsair Force LS. Berbeda dengan seri Force GT, Force GS, atau Force 3 yang membidik pasar kelas menengahj atas, Force LS ini membidik pasar entry-level.

Berbeda dengan jajaran Force lainnya yang menggunakan kontroler dari SandForce SF-2200, Corsair mempercayakan kontroler Phison SATA 6GB/s untuk SSD seri Force LS. Meski menggunakan kontroler yang berbeda dari kakak-kakaknya, performa yang dihasilkan oleh Force LS ini cukup tinggi.

Corsair mengkombinasikan kontroler Phison SATA 6GB/s dengan NAND flash memori jenis MLC (Multi-Level Cell) besutan Toshiba di SSD Force LS dan menghasilkan kecepatan tulis (write) hingga 535MB/s dan kecepatan baca (read) hingga 555MB/s, ini setara dengan SSD Force seri lainnya.

Meski terlihat menghasilkan performa yang hampir setara dengan seri Force lainnya yang lebih mahal, tetapi ketika dilakukan benchmark menampilkan performa IOPS (Input Output per Second) yang sedikit lebih rendah dibandingkan seri lainnya.

Kecepatan yang dihasilkan oleh SSD Corsair Force LS ini memang terlihat setara dengan seri Force lainnya karena disebabkan oleh bottleneck antarmuka SATA III yang hanya mampu mengakomodasi kecepatan hingga 600MB/s saja.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (21/08/2013), SSD Corsair Force LS ini telah mendukung beberapa fitur penting, sebut saja TRIM dan SMART. Harga yang ditawarkan SSD Force LS besutan Corsair ini adalah US $70 untuk kapasitas 60GB, $110 untuk kapasitas 120GB, dan $200 untuk kapasitas 240GB.

Belum ada informasi mengenai kapan SSD Corsair Force LS ini memasuki pasar Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda