Scroll to Top

BlackBerry akan Kehilangan Pasar di Indonesia, Menurut Analis

By Ditya / Published on Thursday, 22 Aug 2013
BlackBerry 9720
BlackBerry 9720

Smartphone BlackBerry diperkirakan akan kehilangan sebagian besar pangsa pasar di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh lembaga analisa dan riset pasar yang berbasis di Inggris, yakni Juniper Research. Smartphone besutan asal Kanada ini memang sampai saat ini masih digemari di Indonesia, tetapi tak lagi booming seperti dulu.

Juniper Research mengungkapkan bahwa produsen smartphone yang dahulu bernama Research In Motion (RIM) ini akan banyak kehilangan pangsa pasar di negara-negara yang merupakan basis atau pasar utama BlackBerry, yakni Indonesia dan Afrika Selatan.

Kemunduran BlackBerry ini juga akan terjadi di negara-negara berkembang lainnya karena persaingan pasar yang semakin ketat. Kehadiran smartphone Android yang hadir di pasar kelas bawah hingga kelas atas ini juga menjadi salah satu penyebabnya.

“Bahkan, di pasar terkuat untuk BlackBerry, seperti Afrika Selatan dan Indonesia, persaingan semakin ketat membuat vendor ponsel lain mencari daerah pertumbuhan baru,” kata Michael Wiggins, analis dari Juniper Research.

Juniper Research juga mengungkapkan bahwa penjualan BlackBerry tahun ini lebih baik dari tahun 2012 lalu, namun hal ini tak akan membantu memperbaiki posisinya di pasar smartphone. BlackBerry mengandalkan jajaran produk BlackBerry 10 yang terdiri dari BlackBerry Z10, BlackBerry Q10, dan BlackBerry Q5.

Sayangnya, penjualan jajaran produk BlackBerry 10 yang menyasar kelas menengah ke atas ini termasuk kurang memuaskan. Kini perusahaan asal Kanada besiap menggempur pasar kelas menengah melalui seri BlackBerry 9720.

Seperti yang dilansir dari Kompas (22/08/2013), persaingan smartphone di Indonesia juga semakin ketat karena serbuan smartphone lokal yang dibanderol dengan harga murah dan menawarkan spesifikasi yang cukup gahar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda