Scroll to Top

PlayStation 4 Lebih Unggul dari Xbox One, Ini Penjelasan AMD

By Ditya / Published on Thursday, 22 Aug 2013
Sony PlayStation 4
Sony PlayStation 4

Kinerja konsol game PlayStation 4 memang lebih unggul dari pesaingnya, Xbox One besutan Microsoft, karena mengusung spesifikasi GPU (Graphics Processing Unit) yang lebih tinggi dan memori RAM yang lebih cepat. Namun, AMD menjelaskan bahwa PlayStation 4 memiliki keunggulan lain atas Xbox One yang sampai saat ini tak banyak orang yang tahu.

Seperti yang kita ketahui, Advanced Micro Device atau AMD adalah pemasok prosesor dan pengolah grafis untuk konsol generasi baru seperti Sony PlayStation 4 dan Microsoft Xbox One.

Kedua konsol game terbaru ini ditenagai oleh kustom AMD APU (Accelerated Processing Unit), di mana keduanya mengusung prosesor yang hampir sama dan grafis yang berbeda. Selain itu, AMD mengungkapkan bahwa PlayStation 4 memiliki keunggulan lain yang membuat kinerjanya semakin tinggi berkat hUMA.

Apa yang disebut dengan teknologi hUMA ini? hUMA adalah heterogenous Uniform Memory Access yang memungkinkan prosesor dan grafis memiliki akses langsung ke memori dan data yang sama tanpa harus melalui proses menyalin data. Hal inilah yang membuat kinerja PlayStation 4 ini jauh lebih tinggi.

Teknologi hUMA ini secara eksklusif hanya tersedia di konsol PlayStation 4. bagaimana dengan Xbox One? Konsol besutan Microsoft ini memang mengusung teknologi APU yang sama dengan PlayStation 4, tetapi tidak dilengkapi teknologi hUMA, sehingga akses data di memory oleh prosesor dan grafis harus melalui proses menyalin terlebih dahulu.

Teknologi hUMA ini mirip dengan apa yang ditawarkan oleh AMD APU di masa depan, yakni Kaveri yang mengusung arsitektur HSA yang diklaim mampu meningkatkan kinerja prosesor dan grafis secara keseluruhan.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (21/08/2013), teknologi hUMA yang diusung oleh PlayStation 4 ini akan optimal jika didukung oleh pengembang game. Sayangnya, tak diketahui apakah para pengembang game telah memanfaatkan teknologi hUMA ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda