Scroll to Top

Ikhwanul Muslimin: Mohamed Badie Ditahan Militer, Mahmoud Ezzat Ditunjuk Jadi Pemimpin

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 22 Aug 2013

Ikhwanul Muslimin Mohamed Badie Ditahan Militer, Mahmoud Ezzat Ditunjuk Jadi Pemimpin

Ikhwanul Muslimin menunjuk Mahmoud Ezzat sebagai pemimpin baru kelompok tersebut, setelah sebelumnya Mohamed Badie, ditahan militer pada Selasa (20/8). Hal ini menyiratkan masih bertahannya perjuangan Ikhwanul Muslimin terhadap otoritas Mesir saat ini.

Mahmoud Ezzat sang pengganti Mohamed Badie, sebelumnya menduduki anggota majelis syuro Ikhwanul Muslimin sekaligus merupakan wakil majelis tersebut. Ia juga pernah menjadi sekretaris jenderal Ikhwanul Muslimin. Situs intelijen militer Israel menyebutnya sebagai ‘Mr. X’ atau pembimbing sesungguhnya dari kelompok IM.

Penangkapan Mohamed Badie sendiri, seperti dilansir Metro TV, terjadi di sebuah apartemen di Jalan Tayran, yang letaknya di belakang Bundaran Rabiah Al-Adawiyah, lokasi yang dipakai oleh pendukung Presiden Muhammad Mursi yang digulingkan militer, untuk mengadakan pertemuan terbuka.

Dengan ditahannya Badie, militer tampak sangat serius untuk menyiratkan pesan pembubaran Ikhwanul Muslimin. Penangkapan beberapa tokoh kunci kelompok tersebut, diharapkan pihak yang kini menguasai Mesir ini, sebagai langkah taktis untuk menggembosi IM.

Penangkapan ini berkaitan erat dengan dicopotnya presiden Mohammed Morsi oleh militer pada Rabu, 3 Juli 2013 lalu. Sejak saat itu, Ikhwanul Muslimin yang menjadi kelompok Mursi, menuntut pengangkatan kembali sang presiden dan melakukan aksi selama beberapa pekan. Dan pada periode itulah, militer melakukan pembersihan yang menyebabkan sekian pendukung IM tewas.

Serangan militer ini kemudian, membuat Mohamed El Baradei, mundur. Militer tidak menerima hal ini dan menganggap mantan wakil presiden tersebut mengkhianati kepercayaan nasional. Pada perkembangan terakhir, El Baradei akan diadil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda