Scroll to Top

Ubuntu Edge, Proyek Smartphone Canonical Gagal Capai Target US $32 Juta

By Ditya / Published on Friday, 23 Aug 2013
Ubuntu Edge
Ubuntu Edge

Proyek pengumpulan dana atau crowdfunding untuk smartphone Ubuntu Edge besutan Canonical di situs Indiegogo gagal capai angka yang ditargetkan, yakni US $32 juta. Proyek smartphone ambisius Canonical ini ternyata hanya mampu mencapai angka $12,8 juta saja sejak proyek ini diluncurkan.

Seperti yang kita ketahui, pada bulan Juli lalu Canonical memutuskan untuk menghadirkan smartphone dengan sistem operasi Ubuntu Touch OS melalui proyek Ubuntu Edge yang memanfaatkan model crowdfunding di situs Indiegogo dengan target $32 juta.

Awalnya, proyek Ubuntu Edge ini begitu meyakinkan saat sumbangan mencapai angka $2 juta dalam waktu 8 jam sejak proyek crowdfunding Ubuntu Edge tersebut dibuka oleh Canonical. Namun, setelah itu dana yang masuk ke proyek Ubuntu Edge mulai melambat dan akhirnya hanya mencapai $12,8 juta saja.

Lalu, bagaimana tindakan Canonical selanjutnya setelah target proyek Ubuntu Edge tak terpenuhi? Apakah batal? Tampaknya tidak, CEO Canonical, Mark Shuttleworth, mengatakan bahwa proyek Ubuntu Edge ini akan terus berjalan. Mark menambahkan bahwa saat ini beberapa produsen besar tertarik untuk berpartisipasi di proyek smartphone Ubuntu Edge.

Sayangnya, CEO Canonical tak mengungkapkan produsen mana saja yang tertarik untuk mengembangkan smartphone Ubuntu Edge ini. Mark juga menambahkan bahwa smartphone dengan sistem operasi Ubuntu Touch OS pertama akan hadir pada awal tahun 2014.

Ubuntu Edge sendiri mengusung spesifikasi layar sentuh berukuran 4,5 inci dengan resolusi HD 720p atau 1280 x 720 piksel. Sayangnya, dapur pacu smartphone Ubuntu Edge ini belum diketahui. Smartphone Ubuntu Edge ini akan mengusung memori RAM sebesar 4GB, cukup besar untuk ukuran smartphone saat ini.

Smartphone Ubuntu Edge ini juga akan dibekali dengan memori internal yang berkapasitas besar, yakni 128GB. Sektor kamera, Ubuntu Edge dibekali kamera belakang jenis low-light dengan resolusi 8 megapiksel lengkap dengan hadirnya LED flash dan kamera depan dengan resolusi 2 megapiksel.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena (22/08/2013), Ubuntu Edge ini nantinya akan datang dengan dua sistem operasi dengan mekanisme dual-boot, yakni Ubuntu Touch OS dan Android. Hal ini merupakan langkah yang cukup cerdik, mengingat sistem opeasi Ubuntu Touch OS belum cukup matang hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda