Scroll to Top

LSU 02, Pesawat Nirawak Buatan LAPAN Mampu Terbang Sejauh 200Km

By Ditya / Published on Friday, 23 Aug 2013
LSU 02
Pesawat Nirawak LSU 02

LSU 02 sebuah pesawat UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau pesawat nirawak buatan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) telah berhasil menempuh jarak terbang sejauh 200km. Ini merupakan sebuah prestasi yang patut dibanggakan untuk sebuah karya anak bangsa Indonesia.

Penerbangan pesawat nirawak LSU 02 ini disaksikan oleh Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta dan dilakukan di Pustekbang LAPAN. Pesawat LSU 02 ini dapat terbang secara otomatis dan mengelilingi wilayah Pustekbang LAPAN.

Pesawat nirawak LSU 02 besutan LAPAN ini sebelumnya telah memecahkan rekor dari Museum Rekor Indonesia atau yang akrab disebut dengan MURI untuk kategori pesawat UAV atau nirawak yang mampu menempuh jarak terbang terjauh, yakni sejauh 200km.

LSU 02 buatan LAPAN ini mampu membawa beban dengan berat maksimal hingga 3kg dengan kecepatan terbang hingga 100km/jam. Pesawat nirawak seperti LSU 02 ini sangat bermanfaat untuk memantau wilayah yang sulit dijangkau manusia atau wilayah yang berbahaya, misal memotret kawah gunung berapi atau memantau kawasan bencana.

Pesawat nirawak LSU 02 besutan LAPAN ini memiliki panjang sayap hingga 2400mm dan panjang badan pesawat 1700mm. Seperti layaknya pesawat UAV lainnya, pesawat LSU 02 ini memiliki kemampuan untuk terbang secara otomatis yang dikandalikan dari jauh atau diprogram untuk menuju sasaran tertentu.

Seperti yang dilansir dari Kompas (22/08/2013), era modern seperti sekarang ini keberadaan pesawat nirawak seperti LSU 02 sangat bermanfaat. Tak hanya digunakan untuk memantau wilayah yang sulit dijangkau atau berbahaya, pesawat nirawak dapat dimanfaatkan oleh militer untuk misi pengintaian di wilayah musuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda