Scroll to Top

Beras Dapat Turunkan Kolesterol Melalui Manipulasi Ekspresi Gen

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 22 Sep 2011

Beras tidak sekadar mengenyangkan perut. Selain memiliki karbohidrat yang bermanfaat bagi penambah energi, ternyata mempengaruhi genetika yang mengonsumsinya.

Sejumlah miRNA (micro ribonukleat acid) ditemukan pada darah dari tikus percobaan yang diberi makan beras. Para peneliti mendapati, miRNA pada tikus itu ternyata bukan berasal dari gen bawaan, tetapi dari beras. Dan, miRNA ini secara langsung memanipulasi ekspresi gen.Temuan ini merupakan hasil penelitian di Universitas Nanjing.

Efek miRNA akan memanipulasi ekspresi gen dan berefek pada gizi. Saat miRNA padi masuk ke sel, reseptor hati akan menyaring dan menurunkan kolesterol LDL. Bahkan, ketika tikus diberikan beras sembari ditambahkan molekul untuk mematikan miRNA, reseptor di hati masih bisa bangkit dan kadar kolesterol jahat kembali turun.

“miRNA tersebut mungkin kelas baru dari komponen fungsional dalam makanan, seperti vitamin atau mineral,”  tulis peneliti seperti dikutip Discover Magazine.

Namun, peneliti masih akan melanjutkan hubungan miRNA pada produk tanaman lain. Misalnya, jagung yang menjadi salah satu makanan pokok di Amerika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda