Scroll to Top

Aplikasi Instagram Palsu Mengecoh Pengguna PC

By Ibnu Azis / Published on Friday, 23 Aug 2013

Logo Instagram

Aplikasi Instagram palsu berusaha mengecoh pengguna PC. Aplikasi ini muncul di sebuah postingan lintas jejaring sosial di Facebook, Twitter, dan Google Plus. Seperti apa?

Aplikasi ini diduga hanya sebatas emulator yang memungkinkan pengguna mengakses Instagram tanpa harus terhubung dengan smartphone. Namun yang jadi permasalahan bukan soal keberadaan aplikasi palsu tersebut.

Perusahaan keamanan Symantec mengungkap jika aplikasi yang bernama Instagram for PC ini miliki ancaman scam. Sedangkan scam yang dimaksud sejatinya juga tidak terlalu ‘berbahaya’.

Pengguna yang terjebak, nantinya akan dihantarkan ke laman internet untuk survei online. Survei ini menguntungkan pembuat scam dari bisnis afiliasi. Lantas bagaimana korban bisa terkecoh?

Tatkala menklik (link) postingan yang menulis adanya aplikasi Instagram for PC, korban diarahkan untuk mengunduh berkas .dll pada sebuah situs. Setelah berkas diunduh, pengguna akan dihantarkan ke situs survei online.

Instagram for PC pun setelah diinstal ke komputer tidak bekerja. Lagipula Instagram telah mewanti-wanti jika aplikasi pihak ketiga dilarang gunakan nama Insta dan Gram. Jadi jelas, aplikasi Instagram for PC adalah aplikasi palsu.

Meski tidak bisa digunakan dan disinyalir ‘tidak berbahaya’ pengguna tetap disarankan untuk tidak coba-coba aplikasi ini. Sebab kemungkinan jenis scam yang ada bisa berubah sewaktu-waktu dan berpotensi merugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda