Share

timnas indonesia u-16 u-19

Timnas Indonesia U-19 hanya mampu bermain imbang tanpa gol saat meladeni tim nasional Uni Emirat Arab (UEA) U-17 dalam laga ujicoba di Stadion UITM Shah Alam, Malaysia, Kamis (22/8/2013) sore tadi. Meskipun tak mampu meraih kemenangan, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, tetap puas karena target utama dalam ujicoba ini adalah untuk mengetahui kekuatan anak-anak asuhnya.

Laga ujicoba melawan tim nasional UEA U-17 juga memberikan gambaran bagi Indra Sjafri untuk membentuk tim utama Timnas Indonesia U-19 yang bakal terjun ke ajang resmi nanti, yakni di AFF Cup U-19 2013 yang bakal digelar di Jawa Timur pada bulan September 2013 mendatang.

“Yang jelas, target utama kami bukan ujicoba ini, tetapi dengan menghadapi lawan yang seperti ini, semakin jelas kualitas pemain yang kami miliki. Di kepala saya sudah tampak gambaran 11 pemain inti,” ujar Indra Sjafri usai laga.

Menurut Indra Sjafri, salah satu kekurangan Timnas Indonesia U-19 saat ini adalah soal penyelesaian akhir, Menghadapi UEA, setidaknya ada 5 peluang yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol. Namun, lemahnya finishing touch membuat tim Garuda Muda tak mampu menghasilkan sebiji gol pun.

“Lebih karena tidak cukup waktu. Soal pekerjaan rumah, saya perlu menggenjot ketajaman penyerang,” tandas Indra Sjafri.

Laga ujicoba internasional memang diperlukan oleh anak-anak Timnas Indonesia U-19 untuk menambah jam terbang dan mengasah mental mereka. Terbukti, di menit-menit awal saat melawan UEA, Evan Dimas dan kawan-kawan tampak demam lapangan alias gugup. Baru selepas menit ke-20, skuat Timnas Indonesia U-19 mampu bermain lepas.