Scroll to Top

Manchester City 2-0 Birmingham City: Kebangkitan Owen Hargreaves

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 22 Sep 2011

Ada dua Owen yang bersinar pada pertengahan pekan ini. Owen pertama, siapa lagi kalau bukan Michael Owen yang mengemas dua gol saat Manchester United mencukur tuan rumah Leeds United 0-3. Gol ganda Owen ini menunjukkan bahwa ia sama sekali belum habis. Bahkan, ia bisa menebar ancaman untuk Danny Welbeck atau Javier Hernandez sebagai pendamping Wayne Rooney.

Owen kedua adalah mantan rekan satu tim Michael, yaitu Owen Hargreaves. Pemain yang diemohi Sir Alex Ferguson karena sangat rentan cedera ini, tampil digdaya untuk klub barunya. Siapa lagi kalau bukan tetangga sesama Manchester yang suka ribut-ribut, Manchester City.

Hargreaves yang dilepas United pada awal musim dan ditarik Roberto Mancini terutama setelah melihat video “pameran kebugarannya” di youtube, tampil apik. Dalam lanjutan Piala Liga —kejuaraan “kelas tiga” di Inggris setelah Liga dan Piala FA— Hargreaves membantu The Citizens untuk menaklukkan Birmingham City 2-0.

Semula, banyak yang khawatir Hargreaves akan membutuhkan banyak waktu untuk kembali ke performa terbaiknya seperti saat membela Bayern Muenchen pada awal dekade lalu. Namun, pemain 30 tahun ini tak canggung tampil di lapangan walaupun sudah “beristirahat” dari pertandingan resmi selama dua tahun. Bahkan, cuma 17 menit yang dibutuhkan Hargreaves untuk mencetak gol pembuka timnya. Dengan satu sentuhan, kaki kanannya melepaskan tendangan maut yang tak bisa dibendung kiper Birmingham City, Colin Doyle.

Gol kedua The Citizens dihasilkan oleh striker yang hampir selalu bermasalah, Mario Balotelli. Penyerang timnas Italia ini menerima umpan dari bek kiri Serbia, Aleksandar Kolarov sebelum menggandakan keunggulan City pada menit 38.

Dalam pertandingan ini, City menurunkan para pemain cadangan. Kiper Costel Pantilimon dari Rumania, memainkan partai debutnya untuk klub kaya baru ini. Demikian pula, Kolo Toure dan Wayne Bridge mendapatkan kesempatan untuk mempertanyakan alasan Mancini menyisihkan mereka dari skuad utama.

Sementara, Carlos Tevez yang terdepak dari starting XI, kalah dari kompatriotnya di timnas, Sergio Aguero dan penyerang yang kembali tajam, Edin Dzeko, tetap tak bisa berbuat banyak. Tevez, sang mantan kapten Manchester City, tampil buruk; tak bisa menjangkau kecemerlangan Hargreaves dan Balotelli malam itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda