Scroll to Top

Athletic Bilbao vs Osasuna 2-0: Geser Barcelona di Puncak Klasemen

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 24 Aug 2013

Athletic Bilbao vs Osasuna 2-0: Geser Barcelona di Puncak Klasemen

Athletic Bilbao sukses menggeser Barcelona dari puncak klasemen sementara, setidaknya selama dua hari, setelah menghempaskan Osasuna dalam Derby Basque dengan skor 2-0. Adalah gol bunuh diri Alejandro Arribas dan aksi Oscar De Marcos yang membuka start gemilang Rojiblancos musim ini.

Bermain di Anoeta karena belum rampungnya pengerjaan San Mames Barria, pelatih Ernesto Valverde menurunkan skuad terbaiknya. Termasuk memilih penyerang Aritz Aduriz sebagai tokoh utama di depan.

Mantan striker Valencia nyaris membuka kemenangan di menit pertama jika tidak ada kegemilangan Andres Fernandez. Meskipun demikian, tidak merasakan lagi atmosfer San Mames membuat Athletic kehilangan daya. Osasuna lebih banyak menguasai bola.

Dengan adanya Benat dan Iker Muniain di kubu mereka, Rojiblancos tetap mengancam Osasuna. Setelah Aritz Aduriz membuang kesempatan ketika duel satu lawan satu melawan Andres Fernandez, gol akhirnya datang untuk ‘tuan rumah yang menumpang stadion’ di menit 31. Bukan dari pemain sendiri, tapi dari ‘hadiah’ Alejandro Arribas.

Markel Susaeta yang menerima umpan terobosan Andoni Iraola, menusuk ke kotak penalti dan berusaha memberi umpan kepada Aritz Aduriz. Arribas ada di sana untuk memotong bola, dan masuk ke gawang sendiri. Andres Fernandez tak percaya apa yang sedang terjadi.

Babak kedua, Osasuna masih saja belum mampu mengusik Iago Herrerin yang menggantikan peran kiper utama Gorka Iraizoz. Setelah momen demi momen terbuang percuma, Athletic mengamankan kemenangan delapan menit menjelang bubaran.

Aritz Aduritz melakukan penetrasi di sisi kiri pertahanan lawan, sebelum mengirimkan umpan terobosan cantik kepada Oscar de Marcos yang hari ini turun sebagai pemain pengganti. Tak menyiakan kesempatan satu lawan satu, De Marcos menjadi pencetak gol ketiga bagi timnya musim ini. 2-0.

Kemenangan yang mengerek pasukan Valverde ke puncak klasemen. Namun, jangan salah. Real Sociedad, sesama tim Basque bisa menyodok mereka jika bisa menguliti Elche Minggu (25/8).

Athletic de Bilbao: Herrerín; Iraola, Gurpegi, Laporte, Saborit; Iturraspe, Beñat, Herrera (De Marcos ’62), Susaeta (Eric Morán ’74); Aduriz, Muniain (Ibai ’68).
Osasuna; Andrés; Marc Bertrán (Oier ’61), Loties, Arribas, Oriol; Sisi (Omwu ’81), Puñal, Silva; Ariel Núñez (Roberto Torres ’65); Armenteros y Riera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda