Scroll to Top

Dollar Naik, Harga Laptop Melonjak Rp 300 Ribu

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 24 Aug 2013

laptop

Melonjaknya dollar Amerika (USD) terhadap rupiah berakibat pada naiknya harga sejumlah barang-barang elektronik. Liputan6 menulis, jika harga laptop sudah alami kenaikan rata-rata Rp 300 ribu.

Ahua, salah satu pemilik toko laptop di Pasar Glodok Jakarta Pusat mengatakan jika kenaikan harga yang ada berkisar 10% hingga 20%. Kenaikan ini sudah dimulai sejak rupiah melemah pada awal pekan ini.

Menurut Ahua, kenaikan yang ada rata-rata di angka Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Merek laptop yang alamai kenaikan seperti Asus, Hp, Accer, Toshiba, Axioo, dan Sony. Produk elektronik, kata dia, memang berpatokan pada nilai tukar dollar.

Toko-toko laptop di Pasar Glodok sendiri bukanlah sebagai pihak pengimpor. Mereka hanya beli langsung dari supplier di Indonesia. Harga supplier sendiri telah naik. Kondisi ini mau tak mau membuat para penjual menaikkan harga jual.

Untuk omzet sendiri, Ahua mengaku alami penuruan. Dalam kondisi normal misalnya, ia biasanya berhasil menjual antara 10 hingga 12 unit tiap bulan. Kini daya konsumen rendah. Imbasnya hanya 5 – 6 unit saja.

Sementara itu Blackberry justru terkesan tidak terpengaruh. Diberitakan Detik, tak ada perubahan harga bahkan cenderung turun. Ini disesuaikan dengan kondisi pasar dan rentang peluncuran produk.

“Kami tidak ada perubahan harga. Kami tetap menjual BlackBerry Q5 dengan harga normal Rp 3,99 juta,” ujar Ardo Fadholah, Senior Product Manager BlackBerry South East Asia.

Ardo kemudian menambahkan, jika memang ada penurunan harga, maka fenomena tersebut akan terjadi secara natural. Seiirng berjalannya waktu, makin lama harga BB akan kian menurun.

Namun, di Amerika, Blackberry Z10 sempat pernah diobral secara besar-besaran. Alasannya cukup jelas. Sebab, produk terkait kurang mendapat sambutan positif pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda