Scroll to Top

Avoton, Prosesor 8 Core Disiapkan Intel

By Ditya / Published on Saturday, 24 Aug 2013
Intel Core i7
Intel Core i7

Produsen prosesor x86 terbesar di dunia, Intel, dikabarkan tengah menyiapkan prosesor generasi baru yang mengusung 8 core dengan nama sandi Avoton. Prosesor Intel Avoton ini kabarnya akan diproduksi dengan teknologi manufaktur 22nm, sama dengan yang digunakan oleh generasi Ivy Bridge.

Beberapa waktu lalu memang sempat terdengar kabar bahwa Intel menyiapkan sebuah prosesor dengan nama sandi Avoton. Baru-baru ini diketahui bahwa Avoton adalah prosesor 8 core yang disiapkan oleh Intel yang akan menggempur pasar pada kuartal ketiga 2013.

Prosesor Avoton besutan Intel ini dibenamkan instruksi SSE4 dan instruksi enkripse AES. Avoton ini akan mengusung jumlah core hingga 8 buah yang dipadukan dengan L2 cache berkapasitas 4MB, dukungan PCI Express 2.0, kontroler memori DDR3, dan antarmuka umum lainnya.

Intel Avoton ini menggunakan arsitektur jenis out-of-order Silvermont yang selama ini digunakan oleh jajaran prosesor Atom. Ini merupakan indikasi bahwa prosesor Intel Avoton ini membidik pasar prosesor hemat energi.

Prosesor generasi Avoton besutan Intel ini nantinya akan menggunakan penamaan seperti C2350, C2530, C2550, C2730, dan C2750. Intel tampaknya mengarahkan prosesor Avoton ini untuk membidik pasar server mikro server yang membutuhkan performa tinggi dengan konsumsi daya yang rendah.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (23/08/2013), sampai saat ini pihak Intel enggan memberikan keterangan atau tanggapan resmi terkait kehadiran prosesor Avoton ini. Cukup jelas, bahwa prosesor ini tidak diarahkan ke pasar konsumen biasa.

Pasar konsumen yang didominasi oleh jajaran prosesor Intel Core Series memang paling tinggi mengusung prosesor 6 core yang disematkan di jajaran produk Core i7 Extreme Series.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda