Scroll to Top

Matangnya Filosofi Sepak Bola AC Milan di Mata Ruud Gullit

By Naqib Najah / Published on Saturday, 24 Aug 2013

Baik AC Milan mau pun PSV sama-sama berstatus mantan klub Ruud Gullit. Ketika kedua bertemu dalam play off Liga Champions, Selasa (20/08/13) kemarin, Ruud Gullit tidak hanya menonton aksi junior-juniornya. Ia juga mempelajari bagaimana filosofi sepak bola kedua klub. Siapa yang lebih matang? Berikut jawaban pria yang pernah mencicipi Liga Inggris bersama Chelsea ini.

Mantan bintang Belanda, Ruud Gullit telah menggaris bawahi perbedaan sepak bola AC Milan yang akhirnya mampu memaksakan hasil imbang kontra PSV. Di leg pertama play off Liga Champions itu, PSV telah mempersiapkan diri untuk mengalahkan tamunya. Namun kenyataannya, I Rossoneri yang justru mengejutkan tuan rumah terlebih dahulu. Sebelum kemudian Tim Martavz yang mampu menyamakan kedudukan.

Di mata Gullit, AC Milan mempunyai filosofi sepak bola yang matang. Mereka tidak butuh permainan yang cantik, namun layaknya sepak bola Italia, para pemain akan fokus menjaga pertahanan dilanjutkan mencuri peluang di setiap kesempatan menyerang yang mereka dapat. Gol Stephan El Shaarawy menjadi bukti filosofi itu.

“Aku benar-benar menikmati kualifikasi Liga Champions antara mantan klub saya, PSV dan Milan,” tulis Gullit dalam kolomnya untuk De Telegraaf.

“Itu jelas terlihat bagaimana mereka memiliki filosofi yang berbeda. PSV yang menyenangkan untuk ditonton, sementara Milan perihal efisiensi.”

“Pertahanan adalah kunci di Italia dan itu mencerminkan mentalitas penyerang. Mereka tahu bahwa mereka hanya mendapatkan satu kesempatan dan harus mengubahnya. Itu bagian dari sikap mereka.”

“Stephan El Shaarawy menunjukkan hal itu di Eindhoven.”

Di leg kedua nanti, Adam Maher mengajak rekan-rekannya untuk mengalahkan AC Milan di hadapan pendukungnya sendiri. Jika PSV bermain layaknya leg pertama, Maher yakin klubnya mampu mengalahkan AC Milan dengan mudah. Berita selengkapnya simak di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda