Scroll to Top

Kecanduan Facebook? Atasi dengan Cara Ini

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 25 Aug 2013

Pavlov Poke

Adiksi atau kecanduan Facebook mungkin bukan masalah satu atau dua pengguna. Jutaan pengguna FB alami problematika ini dan kesulitan untuk mengatasinya. Dua mahasiswa MIT, temukan salah satu solusinya. Seperti apa?

Robert R Morris dan Dan McDuff, dua orang mahasiswa Massachusetts Institute of Technology ini, dikisahkan CNET News sedang alami kesulitan menyelesaikan disertasinya.

Ternyata, yang jadi penyebab utama molornya tugas akhir itu karena keduanya terlalu banyak beraktivitas di media sosial. Alhasil mereka berdua ciptakan sebuah alat yang bernama Pavlov Poke.

Secara sederhana, Pavlov Poke adalah sebuah tool yang gabungkan sirkuit kejut dengan komputer dan sebuah pad. Nantinya alat ini akan mendeteksi pengguna tatkala mengakases Facebook.

Ketika Pavlov Poke mendapati laman FB diakses, sebuah script akan mendeteksinya. Kemudian, alat ini akan mengirim aliran kejut listrik dengan tegangan rendah ke pad.

Nah, pad yang terhubung ke lengan akan berikan aliran kejut dan tentu saja buat pengguna terkejut. Mungkin seperti tersengat listrik namun dengan tegangan yang sangat-sangat rendah.

Intinya, Pavlov Poke mencoba mencolek pengguna dan mengingatkan mereka agar tidak mengakses Facebook. Jika tetep ngeyel, maka Pavlov Poke akan terus ‘menyetrum’ hingga pengguna jera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda