Scroll to Top

Toshiba MQ01ACF, Hard Disk Super Tipis untuk Ultrabook Diperkenalkan

By Ditya / Published on Sunday, 25 Aug 2013
Toshiba MQ01ACF
Toshiba MQ01ACF

Toshiba Corp, perusahaan asal Jepang ini memperkenalkan hard disk 2,5 inci super tipis terbaru yang membidik pasar ultrabook, yakni seri Toshiba MQ01ACF. Hard disk super tipis Toshiba MQ01ACF ini tebalnya hanya 7mm saja, sehingga cocok digunakan oleh perangkat tipis seperti ultrabook.

Produsen yang berbasis di Tokyo ini mengatakan bahwa hard disk Toshiba MQ01ACF ini akan mulai dikapalkan pada 30 Agustus 2013 mendatang dan tersedia dalam dua varian kapasitas penyimpanan, yakni 320GB dan 500GB. Tak ada keterangan dari Toshiba mengenai varian dengan kapasitas yang lebih besar.

Hard disk Toshiba MQ01ACF ini datang dengan ukuran 2,5 inci dan kecepatan rotor 7.278rpm (rotation per minute). Toshiba mengklaim bahwa hard disk seri MQ01ACF ini mampu menghasilkan performa transfer rate yang cukup tinggi dan dapat bersaing dengan kompetitornya.

“Tingkat internal transfer maksimum 1.850 Mbit / s diwujudkan dengan peningkatan kepadatan rekaman linier dan kecepatan rotasi 7.278 RPM. Implementasi antarmuka port SATA 6 Gb / s juga meningkatkan kecepatan transfer data melalui dari model hard disk saat ini,” pernyataan Toshiba.

Toshiba MQ01ACF ini kabarnya telah kompatibel dengan standar RoHS dan dilengkapi dengan buffer berkapasitas 16MB untuk mendukung performanya. Host tiap sektor pada hard disk Toshiba MQ01ACF ini adalah 512 byte dan disk bytes tiap sektor adalah 4.096 byte.

Tak hanya itu, hard disk Toshiba MQ01ACF ini diklaim mampu bertahan hingga 600.000 jam penggunaan dan konsumsi daya yang rendah, yakni 0,8W saat idle dan 5,5W saat bekerja maksimal. Toshiba juga mengklaim bahwa hard disk super tipis ini tidak bising dan kompatibel dengan port SATA 2.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (24/08/2013), sampai saat ini belum diketahui harga resmi dari hard disk super tipis Toshiba MQ01ACF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda