Scroll to Top

Samsung Ativ Q Batal Diluncurkan Karena Terhalang Paten?

By Ditya / Published on Monday, 26 Aug 2013
Samsung ATIV Q
Samsung ATIV Q

Samsung memang telah memperkenalkan ultrabook convertible yang dilengkapi dengan sistem operasi Windows 8 dan Android secara dual-OS melalui seri Ativ Q beberapa waktu lalu. Namun, Samsung Ativ Q dikabarkan batal diluncurkan karena masalah pelanggaran paten.

Berdasarkan sebuah laporan Naver, Samsung mengalami masalah pelanggaran paten untuk produk ultrabook convertible seri Ativ Q sehingga produk ini kemungkinan akan batal diluncurkan ke pasar. Produk Samsung Ativ Q sendiri sebenarnya cukup inovatif dan layak ditunggu kehadirannya.

Ultrabook convertible Samsung Ativ Q ini diduga melanggar paten terkait penggunaan dua sistem operasi, yakni Windows 8 dan Android secara dual-OS tanpa perlu reboot untuk menggunakan kedua sistem operasi tersebut. Produsen asal Korea Selatan ini tengah melakukan negosiasi terkait pelanggaran paten tersebut. Sayangnya tak disebutkan paten siapa yang dilenggar oleh Samsung Ativ Q.

Samsung ATIV Q dibekali dengan layar sentuh berukuran 13,3 inci dengan resolusi amat tinggi, yakni QHD+ atau 3200 x 1200 piksel dengan kerapatan layar mencapai 275 piksel per inci, sebuah resolusi layar yang amat tinggi untuk ukuran convertible ultrabook.

Sektor dapur pacu, Samsung membekali ATIV Q ini dengan prosesor Intel Core i5-4200U yang merupakan prosesor generasi Haswell yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB DDR3 dan didukung oleh pengolah grafis dari Intel HD Graphics 4400 GPU.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (25/08/2013), konektivitas Samsung ATIV Q ini juga cukup lengkap dengan kehadiran WiFi, Bluetooth, card reader, port HDMI,port USB 3.0, dan USB 2.0. Ruang penyimpanan internal ATIV Q ini berupa SSD berkapasitas 128GB.

Sampai saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Samsung terkait rumor batalnya kehadiran Ativ Q, sehingga belum dapat dipastikan kebenarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda