Scroll to Top

Telkom Ekspansi Pasar Malaysia

By Ditya / Published on Monday, 26 Aug 2013
Telin Malaysia
Telin Malaysia

Setelah sukses melebarkan sayapnya di negara Timor Leste beberapa waktu lalu, kini Telkom melakukan ekspansi ke Malaysia melalui anak perusahaan Telin Malaysia atau Telkom International (Sdn Bhd). Tak hanya itu, Telin Malaysia menggandeng Telkomsel untuk meluncurkan produk Kartu As 2in1.

Telkom adalah perusahaan telekomunikasi BUMN yang saat ini tengah agresif melakukan ekspansi bisnis ke luar wilayah Indonesia melalui tangan anak perusahaan Telkom International atau Telin. Telin ini telah menggarap pasar telekomunikasi di Timor Leste yang kini berlanjut ke Malaysia.

Jika di Timor Leste Telin menjadi MNO (Mobile Network Operator), di Malaysia Telin mendapat lisensi sebagai MVNO (Mobile Virtual Network Operator) atau operator telekomunikasi virtual yang menggunakan jaringan operator lain. Telin ini menggandeng Maxis yang merupakan operator Malaysia sebagai penyedia jaringan.

“Di Malaysia sendiri ada tiga besar operator yang memiliki jaringan. Maxis, Celcom, dan Digi. Nah, Maxis akan menjadi MNO kita. Pasar Indonesia itu diperebutkan operator tiga besar (Maxis, Celcom, dan Digi).”

“Dari data yang ada, jumlah TKI sekitar 2,8 juta, kemudian traveler — terutama yang health (berkunjung ke Malaysia untuk berobat) — sekitar 300 ribu, lalu student di angka 200 ribuan. Lihat saja, karena banyaknya TKI, beberapa bank buka di sini. Tadi BTN (Bank Tabungan Negara) datang untuk menjajaki kerjasama dengan Telkom untuk buka cabang di sini,” kata Oki Wiranto, CEO Telin Malaysia.

Seperti yang dilansir dari Detik (26/08/2013), Telin Malaysia tak hanya membidik pasar konsumen saja, tetapi juga menyasar pasar bisnis dan enterprise dengan menawarkan layanan ICT, mobile IDC, dan solusi komunikasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda