Scroll to Top

E-Commerce dan Download Jadi Kegemaran Netizen Asia Tenggara

By Ibnu Azis / Published on Monday, 26 Aug 2013

Laptop Women

Apa aktivitas kegemaran para netizen Asia Tenggara? Ternyata e-commerce dan download adalah dua budaya web yang duduki peringkat teratas. Terkait dengan ekosistem unduh-mengunduh, aplikasi dan game adalah konten utama yang di-download pengguna.

Menurut laporan Vserv.mobi, penyedia jaringan periklanan mobile global, netizen di wilayah Asia Tenggara di tahun 2013 cenderung konsumsif. Mereka haus akan konten dan informasi. Laporan ini disusun bersama dengan Mobile Marketing Association (MMA).

Jenis konten dan informasi yang ada ternyata miliki dua karakteristik khusus: bisa diunduh (55%) dan berikan info diskon belanja (42%). Konten bisa diunduh merujuk pada jenis konten aplikasi, game, video, serta musik.

Berdasar demografi, rata-rata pengguna berusia 24 tahun. 70% dari mereka adalah profesional, miliki daya beli tinggi, dan kerap berkunjung ke restoran, mall, serta bioskop. Data yang dirilis Vserv.mobi mencakup negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan tentu saja Indonesia.

Dikutip dari VIVA News Senin (26/08/13), laporan yang dipublikasikan Vserv.mobi bertujuan untuk berikan wawasan bagaimana pasar internet mobile. Data ini dibutuhkan pengiklan untuk membidik pasar mereka khususnya di negara-negara berkembang.

Rohit Dadwal, Managing Director, MMA Asia Pasifik dalam keterangannya menulis jika brand tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai pasar yang terus berkembang di negara-negara yang mereka tuju. Dengan data ini akan terbaca sebuah pola apakah konsumen bersedia lakukan engagement dengan brand baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda