Scroll to Top

Social Media Festival 2011: Pesta Akbar Komunitas Media Sosial – Hari 1

By Melissa / Published on Thursday, 22 Sep 2011

Social Media Festival dengan tema “Social Media Is YOU” adalah pesta akbar komunitas media sosial di Indonesia yang diselenggarakan oleh salingsilang.com dan dailysocial.net.

Sebagai negara yang menduduki peringkat kedua dengan pengguna Facebook terbanyak dan peringkat ketiga negara dengan pengguna Twitter teraktif, acara ini tentu merupakan wadah yang sangat baik untuk mengapresiasikan karya kreatif anak bangsa yang disalurkan melalui media sosial.

Social Media Festival diselenggarakan di mal fX Jakarta selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 22 – 24 September 2011 pukul 9.00 – 22.00. Festival ini terdiri dari berbagai stand komunitas dan games serta panggung dan auditorium untuk workshop, talkshow dan live music yang tersebar di 7 lantai.

Hari pertama acara ini digelar, antusiasme pengunjung sangat luar biasa. Setelah dibuka dengan program “dahSyat” dari RCTI, hampir semua stand dipadati pengunjung yang ingin tahu mengenai kegiatan berbagai komunitas yang ada dan acara talkshow dihadiri oleh banyak kalangan baik dari pers maupun peminat media sosial.

Acara ini juga dijadikan ajang pertemuan anggota komunitas yang selama ini hanya bertegur sapa melalui media sosial. Rata-rata pengunjung dan perwakilan komunitas adalah anak-anak muda yang sangat bersemangat dalam menceritakan visi dan misi kegiatan mereka.

Beberapa komunitas yang hadir antara lain adalah LewatMana.com, Fiksimini, Coin A Chance, Hukum Online, Anjing Gombal, Jalansutra, Akademi Berbagi, internetsehat.org, Kompasiana dan masih banyak lagi.

Komunitas-komunitas ini juga giat mengajak para pengunjung agar terlibat dengan kegiatan mereka. Banyak stand yang menghadiahkan suvenir menarik kepada pengunjung dengan syarat me-mention komunitas mereka di Twitter. Cara ini tentunya sangat efektif untuk menyebarluaskan keberadaan komunitas mereka dengan mudah.

Berbagai macam talkshow juga diadakan oleh komunitas-komunitas ini, seperti GusDurian dan Politikana, Masyarakat Bebas Bising, Save Street Child dan Ayah ASI oleh AIMI.

Salah satu yang menarik adalah talkshow dari Google dan Indonesia Berkebun. Di sini dibahas bagaimana Google mendukung dan merangkul komunitas berbasis media sosial di Indonesia dalam kampanye internet mereka. Kerjasama yang saling menguntungkan ini tentu disambut baik oleh komunitas dan para penikmat media sosial.

Talkshow lain yang tak kalah menarik adalah talkshow FreSh yang membicarakan tentang brand dalam media sosial. Materi yang disajikan sangat berguna bagi mereka yang ingin memromosikan bisnis melalui media sosial, antara lain pebisnis harus mengenali target pasar dengan baik dan sesuaikan budget untuk promosi.

Setelah pembahasan strategi branding melalui media sosial, diberikan pula kiat-kiat mendapatkan banyak followers di Twitter, antara lain:

  • Sajikan konten yang bermutu dan sesuaikan dengan tren yang ada
  • Bagikan hal-hal yang berguna atau menghibur orang lain
  • Tweet di jam-jam “prime time“, seperti jam makan siang atau jam pulang kantor
  • Aktif menanggapi dan rajin nimbrung dalam obrolan pengguna-pengguna yang lainnya
  • Konsisten dalam nge-tweet dan sabar karena followers tidak bertambah secara instan

Selain acara media sosial, Metro TV mengadakan launching drama TV berjudul “The Kitchen Musical” yang dibintangi oleh Christian Bautista. Acara ini akan tayang pertama kali tanggal 1 Oktober 2011 dan akan berlanjut setiap hari Sabtu pukul 21.30 – 22.30 selama 13 episode.

Drama TV ini mengombinasikan tema kuliner yang sedang populer dengan drama musikal. Para pemeran seluruhnya berasal dari negara ASEAN dan syuting dilakukan di Singapura selama 4 bulan. Meski tidak ada pemain dari Indonesia, pimpinan The Group Entertainment sangat berharap akan ada pemain dari Indonesia yang bersedia membintangi musim kedua dari drama TV yang akan segera diadaptasi oleh negara lain seperti Amerika dan Eropa.

Launching “The Kitchen Musical” ini dihadiri oleh pimpinan Metro TV, The Group Entertainment dan Christian Bautista. Pengunjung terlihat sangat antusias dan mengajukan banyak pertanyaan ketika Christian Bautista menceritakan pengalamannya dalam memerankan tokoh Daniel Ray dalam drama ini. Para fans Christian Bautista pun semakin bersemangat ketika tiba sesi foto bersama.

Akhirnya, kemeriahan hari pertama festival ini ditutup oleh talkshow, workshop dan live music performance yang dibawakan oleh Endah N Rhesa.

2 thoughts on “Social Media Festival 2011: Pesta Akbar Komunitas Media Sosial – Hari 1”

  1. waahh waahhh…ternyata gitu doank yah tips2 utk dapet banyak follower?? kayak gitu sih ga usah bikin festival kaleee… -_-“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda