Scroll to Top

Keith Kayamba Gumbs Berharap Bisa Jadi Pelatih Arema

By Agus Prasetyo / Published on Monday, 26 Aug 2013

Pemain veteran Keith Kayamba Gumbs berharap bisa mengabdikan dirinya menjadi pelatih Arema suatu saat kelak. Dengan usia yang sudah mulai masuk kepala 4, tidak dipungkiri membuat mantan bomber Sriwijaya FC ini berpikir untuk beralih profesi dari pemain menjadi pelatih.

Meski saat ini masih aktif menjadi pemain sepakbola, namun Kayamba sudah mempunyai beberapa lisensi kepelatihan.

“Saya memang sudah memiliki sertifikat pelatih, saat saya di Sriwijaya FC juga sudah ambil tiga lisensi” ungkap Kayamba Gumbs seperti yang dilansir situs resmi Arema.

Kayamba bercerita jika dirinya memiliki diploma pelatih yang diraihnya saat di Perancis, bahkan gelar ini sudah dimilikinya tahun 2012 lalu.

Dua tahun sebelumnya, Kayamba Gumbs merebut lisensi untuk Conditioning For Soccer dari Amerika Serikat.

“Saya dapat sertifikat penjagaan kondisi pemain dari Amerika tahun 2010” tambahnya.

Kemampuan manajerial tim dari Kayamba Gumbs didapat saat menggali ilmu di Inggris tahun 2009.

Dari perjalanan pencarian ilmu di negeri kelahiran sepakbola modern itu, Kayamba memperoleh lisensi preparing, analysing and evaluating soccer teams and players (persiapan, analisis dan evaluasi tim dan pemain sepakbola).

Ilmu Kayamba dalam bidang kepelatihan terbukti saat dirinya menjadi pemain Sriwijaya FC pada musim 2011 lalu. Ketika itu ia merangkap jabatan sebagai asisten pelatih sekaligus pelatih fisik.

Karena hal itulah di usia yang sudah masuk 40 tahun, Kayamba berpikir untuk bisa menjadi pelatih di Arema meski itu hanya pelatih fisik.

“Saya sangat mau untuk tetap berada di Arema dan pensiun di sini, bahkan ikut melatih. Tapi apapun itu, saya serahkan kembali ke manajemen Arema” pungkas Keith Kayamba Gumbs.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda