Scroll to Top

FB Rilis Fitur Baru: Shared Photo Albums

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 27 Aug 2013

Album Foto

FB rilis fitur baru terkait foto. Disebut Shared Photo Albums, fitur ini sejenis album foto kolaborasi bersama tim maksimal 50 pengguna (kontributor) dengan ‘jatah’ tiap akun hingga 200 foto.

Seperti diwartakan Mashable yang dikutip Selasa (27/08/13), fitur album foto sebelumnya di Facebook miliki keterbatasan. Satu albumnya maksimal hanya mampu menampung 1.000 foto.

Dengan fitur Shared Photo Albums, batas tersebut seakan tak berarti. 50 kontributor dengan 200 foto berarti album ini mampu menampung 10.000 foto. Jumlah yang sangat luar biasa besar untuk ukuran album foto.

Fitur Shared Photo Albums ini miliki tiga jenis skala privasi; public, friends of contributors, dan contributors only. Sedangkan penampakan fitur tersebut seperti gambar di bawah ini.

Shared Photo Albums

Fitur ini dibuat pada sesi Facebook Hackathon beberapa waktu yang lalu. Sedangkan kreatornya adalah Bob Baldwin (Facebook software engineer) dan rekannya Fred Zhao.

“Kini, jika Anda melihat tiga album foto yang sama di tiga akun yang berbeda di Facebook, Anda tetap bisa menikmatinya lewat kolaborasi Shared Photo Albums,” ujar Bob Baldwin.

Ia menambahkan, Shared Photo Albums miliki kemampuan menghapus dan memodifikasi foto di album. Namun hanya para kontributor yang miliki ‘kuasa’ itu. Fitur ini tidak ditemukan di album foto reguler.

Facebook sendiri akan luncurkan fitur ini ke kelompok kecil pengguna terlebih dahulu pada pekan ini. Kemudian, fitur tersebut baru akan dirilis global secara bertahap terutama pada pengguna yang berbahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda