Scroll to Top

96% Aplikasi Android Terlaris di Google Play adalah Gratis

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 27 Aug 2013

Android

Bisa dikatakan jika pengguna Google Play memang dimanja aplikasi gratis. Menurut laporan App Annie, 96% aplikasi Android terlaris di Play Store adalah gratis. Seperti apa?

Data 96% tersebut berasal dari kategori ‘top 100 highest-grossing apps’ di Google Play. Jika dibandingkan dengan apa yang terjadi di iTunes datanya sangat kontras.

Di App Store, hanya 77% aplikasi iPhone dan 69% aplikasi iPad yang tergolong gratis pada kategori yang sama. Data ini juga berbanding arah untuk aplikasi berbayar.

Pengguna Google Play di kategori ‘top 100 highest-grossing apps’ hanya mengunduh 4% aplikasi berbayar. Sedangkan di App Store prosentasenya justru berkali-kali lipat.

Pengguna iPhone mengunduh 23% aplikasi berbayar. Sedangkan pengguna iPad bahkan angkanya capai 31%. Apakah ini berarti pengguna Android cenderung pelit dan urung membayar aplikasi berbayar?

Pada bulan Juli lalu, perusahaan analitik Flurry laporkan sejumlah data antara tahun 2010 dan 2012 terkait jumlah aplikasi di semua platform. Kala itu ada sekitar 84% aplikasi berkategori gratis.

Yang jadi menarik kemudian soal budaya aplikasi pengguna Android. Rata-rata, pengguna ‘robot ijo’ hanya membayar USD 0,06 per aplikasi premium yang diunduh. Sedangkan iPhone di angka USD 0,19 dan iPad USD 0,50.

Dari data di atas sejatinya bisa diambil sedikit kesimpulan. Pertama, bisa saja asumsi pengguna Android ‘pelit’ diberikan. Kedua, jangan lupa dengan jumlah ketersediaan aplikasi. Google Play miliki lebih dari 1 juta koleksi aplikasi yang didominasi aplikasi gratis. Pun juga tidak sedikit pengguna smartphone yang berusia muda dan tak miliki akses ke kartu kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda