Scroll to Top

Trafik Lokal Google Ungguli Kunjungan Global Yahoo!

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 27 Aug 2013

Larry Page

Data ComScore boleh menyebut jika trafik Yahoo! ungguli Google di Amerika Serikat. Namun data SimilarWeb berkata lain. Bahkan, situs ini menganalisa jika trafik Google lokal (AS) saja sudah cukup ungguli kunjungan global Yahoo!. Seperti apa?

Diberitakan sebelumnya, seperti temuan ComScore, Yahoo! akhirnya berhasil ungguli Google soal trafik atau ‘lalu-lintas’ internet untuk kawasan AS. Bahkan, prestasi ini untuk yang pertama dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Sejak tahun 2008, Google selalu jadi yang terdepan di negeri abang sam. Yahoo! hanya mampu menguntit di posisi ke-2 bahkan ke-3 dan tak pernah unjuk gigi.

Laporan ComScore lewat Top 50 Internet untuk wilayah AS menyebut jika Yahoo! unggul 196.564.000 kunjungan dibanding 192.251.000 kunjungan yang diperoleh Google.

Nah apa yang dilaporkan ComScore dibantah tegas oleh SimilarWeb. Seperti diwartakan Mashabe yang dikutip Senin (27/08/13), Google bahkan bisa kalahkan kunjungan global Yahoo! hanya dengan trafik lokal saja.

Misalkan pada data trafik Yahoo! yang terjadi di bulan Juli 2013. Di tingkat global, Yahoo! miliki total 6,8 miliar kunjungan dengan rincian 100 juta dari Flickr dan 700 juta dari Tumblr. Sedangkan Google di tingkat lokal (AS) saja, total miliki 9,4 miliar kunjungan. Selengkapnya dalam grafik berikut ini:

Yahoo vs Google

Untuk tingkat global, Google bahkan miliki total kunjungan 41,2 miliar pada bulan yang sama. Daniel Buchuk, head of brand and strategy SimilarWeb berpendapat jika ComScore tidak mengkalkulasi kunjungan dengan akurat.

“ComScore tidak benar-benar menghitung jika pengguna kunjungi Youtube sekali sebulan atau 300 kali sebulan,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda