Scroll to Top

3 Jenis Makanan yang Paling Cepat Merusak Gigi

By C Novita / Published on Tuesday, 27 Aug 2013

perusak gigi

Jenis makanan yang Anda konsumsi sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan gigi, selain tentu cara Anda merawat alat pengunyah itu. Misalnya saja makanan seperti sayur dan buah berserat akan membantu memelihara kebersihan gigi.

Lalu makanan jenis apa saja yang dapat membuat gigi lebih cepat rusak? Dilansir oleh eHow, berikut ini diantaranya:

  • Zat tepung

Pernah mengonsumsi makanan dengan zat tepung yang tinggi semisal kentang goreng, roti, atau pasta? Setelah makan Anda merasa bahwa jumlah plak yang menumpuk di gigi makin tebal, bukan? Nah, ini yang bisa menyebabkan gigi lekas rusak. Jadi untuk meminimalkan kerusakan gigi seusai mengonsumsinya, segera sikat gigi atau menggunakan benang gigi.

  • Manis

Makanan yang manis pasti mengandung gula. Mengonsumsinya dapat menyebabkan gula tersebut menempel di gigi, menjadi plak, menimbulkan asam, dan membuat gigi menjadi berlubang. Menghindarinya memang tak mungkin. Jadi, cegah saja kerusakan gigi dengan menggosok gigi usai konsumsi makanan manis, atau minimal berkumur dengan air putih.

  • Asam

Terlalu banyak asam pun tak bagus bagi kesehatan enamel gigi. Makanan seperti lemon, jeruk, dan tomat atau strawbery yang Anda konsumsi bisa mengikis enamel. Batasi konsumsi makanan di atas, atau bersihkan gigi dengan baik usai makan.

Idealnya Anda harus membersihkan gigi sebanyak 2 kali setiap hari, dan menggunakan benang gigi sekali sehari. Konsumsi buah semacam apel dan pear untuk membantu membersihkan gigi. dan jangan lupa untuk minum susu sebagai tambahan kalsium yang baik untuk memperkuat gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda