Scroll to Top

Kisah Miris Keluarga Zeng Lingjun yang Tinggal di Toilet

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 28 Aug 2013

Zeng Lingjun 1

Glamour Interpretation, tertulis di sebuah foto bingkai pernikahan Zeng Lijun dan istrinya, Wang Zhixia. Dalam foto tersebut keduanya kenakan gaun merah, tersenyum, dan foto itu di pasang di dinding rumah mereka. Namun, jika disebut rumah, bangunan yang didiami pasangan satu anak ini sungguh tak laik disebut hunian. Ya, keluarga kecil di Kota Shenyang, China ini tinggal di sebuah toilet pria di sebuah hotel.

Dikisahkan Daily Mail yang dikutip Rabu (28/08/13), Zeng Lijun (33) sejatinya adalah sosok yang cerdas. Pada tahun 1999 ia berhasil masuk ke Institut Sains dan Teknologi Heilongjiang. Akan tetapi, karena lahir dari keluarga miskin, pria asal Desa Fumin, Provinsi Jilin, China ini urung cicipi bangku perkuliahan.

Zeng Lingjun 2

Berbekal mimpi dan harapan, Zeng Lijun akhirnya merantau ke Kota Shenyang. Kala itu ia hanya kantongi uang 50 yuan. Jika dirupiahkan, maka jumlahnya tak kurang dari 100 ribu saja.

Dengan modal seadanya, Zeng Lijun bekerja sehari-hari sebagai tukang reparasi sepatu. Ia pun memutuskan menyewa sebuah toilet sebagai tempat tinggal karena lokasi tersebut sudah tidak digunakan. Kejadian yang berlangsung tahun 2006 itu berlanjut tatkala ia menikahi mantan kekasihnya, Wang Zhixia pada tahun 2010.

Dengan luas sekitar 20 meter persegi, ada harga sewa yang harus dibayar Zeng Lijun. Dan jangan kaget, meski sebuah toilet bekas, kediamannya dibanderol Rp 1 juta per bulan. Positifnya, Zeng Lijun mendapat ‘fasilitas’ gratis lokasi usaha reparasinya di depan hotel tempai ia ‘menginap’.

Zeng Lingjun 3

Dari usahanya itu Zeng Lijun berhasil kumpulkan uang sekitar Rp 3,7 juta sebulan. Pemasukan ini sejatinya hampir dua kali lipat dari UMR Kota Shenyang. Namun apa yang ia alami tentu bukanlah mimpi dari miliaran warga China.

Di kediamannya, Zeng Lijun harus berkali-kali menyiram air untuk mengusir bau yang menyengat. Pun juga sang bayi kini terkena eksim. Ia sendiri tak gentar dan menyerah. Zeng Lijun mengaku puas dan merasa hidupnya kini jauh ebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda