Scroll to Top

Mark Zuckerberg: Akses Internet Semestinya Gratis untuk Siapapun

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 28 Aug 2013

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg memiliki mimpi mulia untuk menggratiskan internet. Lewat Internet.org, situs yang digagasnya, misi pemuda 28 tahun ini sejatinya sudah mendekati kenyataan. Dalam sebuah wawancara dengan Wired, sekali lagi bos Facebook ini tegaskan jika internet semestinya dinikmati gratis oleh siapapun.

Menurut Mark Zuckerberg, segudang konten dan layanan di internet seharusnya bisa dinikmati tanpa biaya. Ia merujuk pada email, Wikipedia, mesin pencari, jejaring sosial, informasi, dan lainnya.

Pelbagai layanan di atas memang telah digratiskan. Tapi yang jadi ganjalan di benak suami Priscilla Chan ini ialah, jika untuk akses (internet) saja butuhkan biaya, apa layanan yang ada benar-benar gratis?

“Dengan akses gratis ke hal-hal dasar maka orang akan menemukan lebih banyak konten secara berkelanjutan. Maka mereka akan gunakan data yang lebih banyak daripada seharusnya,” ujarnya.

Jika ada yang gratis (internet) tentu saja ada yang dirugikan. Di pihak ini adalah operator. Namun penggagas Internet.org ini miliki pandangan lain.

“Mereka akan membuat lebih banyak uang dari orang-orang baru yang mampu membayar lebih dari daripada layanan gratis yang ditawarkan,” sambung Zuckerberg.

Menurutnya, di masa depan akan terjadi perubahan transisi dari ekonomi yang berbasis industri ke ilmu pengetahuan. Dan untuk menuju ke arah itu maka semua orang wajib terhubung ke dunia maya.

“Transisi di masa depan adalah ke ekonomi berbasis ilmu pengetahuan daripada industri. Itulah mengapa kita harus online,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda