Scroll to Top

Facebook Menuai Protes Karena Perubahan Besarnya

By Aisyah Indarsari / Published on Friday, 23 Sep 2011

Facebook kini telah berubah sedemikian drastisnya. Anda pasti memperhatikannya, bukan? Tapi apakah Anda senang dengan perubahan itu? Atau justru membuat Anda merasa asing, dan harus mempelajarinya kembali satu demi satu?

Tampaknya mayoritas pengguna banyak yang mengeluhkan hal yang terakhir. Dan perilaku ini sangat lumrah terjadi, jika suatu keadaan yang sudah dianggap nyaman, tiba-tiba mengalami perubahan yang cukup signifikan, sehingga membuat pelaku harus beradaptasi ulang.

Sebagai ringkasan, berikut adalah beberapa perubahan yang telah dilakukan Facebook, seperti yang dikutip dari AllFacebook:

–          Kini konten posting Anda bisa mencapai maksimal 5.000 karakter, sepuluh kali lebih banyak dibandingkan batasan sebelumnya.

–          Anda tidak bisa lagi mengirimkan permintaan pertemanan yang disertai dengan pesan singkat.

–          Sebagian dari navigation bar akan tetap diam dibagian atas halaman news feed Anda, walaupun Anda sedang menyorot layar ke bawah.

–          Anda dapat menciptakan bookmark, memberi nama pada bagian favorit Anda disisi sebelah kiri kolom.

–          Pengingat ulang tahun akan muncul di sisi sebelah kanan atas.

–          Daftar pertemanan Anda akan akan diperkaya dengan tampilan manajemen yang baru.

–          Sebuah thumbnail foto profil pengguna akan muncul di sisi kanan atas navigation bar.

–          Muncul sebuah news ticker di sisi kanan kolom, yang merupakan ringkasan notifikasi aktivitas terbaru teman-teman Anda.

Beberapa pengguna banyak terutama yang mengeluhkan keberadaan news ticker tersebut. Mereka menganggap seperti ada Facebook di dalam Facebook.

Ada beberapa tips untuk mengembalikannya pada tampilan Facebook sebelumnya. Antara lain adalah:

–          Ganti setting akun bahasa dalam Facebook Anda ke dalam bahasa selain English (US). Tentu saja nantinya Facebook akan melakukan perubahan yang sama pada setiap versi bahasa. Akan tetapi, selama Anda bisa, tidak ada salahnya kembali menyamankan diri ke kondisi akun Facebook Anda sebelumnya, bukan?

–          Atau untuk Anda pengguna web browser Google Chrome, Anda dapat menginstall extension berikut untuk menghilangkan news ticker Anda.

Masih belum cukup juga? Jika Anda termasuk yang kontra dengan perubahaan ini, tidak ada salahnya Anda coba ungkapkan pendapat Anda pada salah satu halaman saran yang memang sejak awal disediakan oleh Facebook.

Anda dapat mengunjungi halaman ini. Walaupun sebenarnya fitur ini disediakan untuk Anda yang ingin mengirimkan masukan tentang permasalahan teknis, tidak ada salahnya Anda mencoba, bukan! Berikut adalah contoh form nya:

 

Bagaimanapun juga, suatu perubahan pasti tujuannya untuk menjadikan sesuatu hal lebih baik lagi. Teknologi yang dinamis memang akan selalu membutuhkan pengorbanan Anda dengan banyak perubahan-perubahannya. Mungkin butuh waktu untuk beradaptasi, akan tetapi, toh nanti Anda akan kembali menikmatinya dan bahkan segera lupa jika Anda pernah sempat menentangnya.

Sebuah komik yang dirilis TheOatmeal ini cukup kocak menggambarkan pengguna Facebook yang mungkin sempat sebal dengan perubahan ini. Dengan sedikit editing dan setelah penulis terjemahkan, kini Anda dapat menikmatinya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda