Scroll to Top

2 Fitur Baru Facebook: Timeline dan Open Graph

By Ivan Azzam / Published on Friday, 23 Sep 2011

Facebook dalam waktu dekat ini akan mengintegrasikan profil pengguna dengan layanan musik, media, dan lifestyle, sebagaimana diumumkan Mark Zuckerberg di konferensi Facebook f8 hari ini. Dengan menghubungkan profil anda ke layanan musik misalkan Spotify akan membuat pengguna bisa mengisi sendiri “Timeline” mereka, jadi teman-teman anda bisa melihat aktivitas media masing-masing.

Timeline sendiri adalah salah satu dari dua fitur baru Facebook, dimana pengguna bisa mengisi “Timeline” mereka dengan konten yang ditarik dari layanan lain. Konten tersebut lalu bisa disaring berdasarkan tanggal menjadi timeline jadi pengguna bisa menceritakan apa yang terjadi bahkan sebelum Facebook hadir.

Setelah selesai mengisi timeline, timeline tersebut akan menjadi “News Feed” dan muncul bersamaan dengan updates stream lama dari teman-teman anda. Tapi tidak semuanya akan menjadi timeline, update kecil seperti misalnya sedang mendengarkan musik apa akan dialihkan ke “Ticker”, layanan status update yang dirilis Rabu kemarin. Pengguna bisa memilih aktivitas mana yang cukup sering untuk muncul di timeline.

Selain itu ada fitur kedua, Facebook Open Graph, dimana fitur ini mengkoleksi dan memberi peringkat terhadap aktivitas atau item. Aplikasi yang terintegrasi dengan Facebook akan disortir di Open Graph berdasarkan popularitasnya, misalnya Spotify, Hulu, Netflix, Foodspotting, Vevo, dan Nike+. Open Graph dimaksudkan untuk memudahkan pengguna mengetahui apa yang temannya lakukan tanpa membanjiri feed mereka, jadi update yang menyebalkan dari setiap game yang dimainkan tidak ada lagi.

Pada fitur “Timeline”, memungkinkan pengguna untuk membuat review bulanan atau tahunan. Tahap beta dari “Timeline” bisa dipakai hari ini. (via Ars Technica)

One thought on “2 Fitur Baru Facebook: Timeline dan Open Graph”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda