Scroll to Top

Blackberry dan BBM Bakal Pecah Kongsi, Jadi Anak Perusahaan Independen

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 29 Aug 2013

blackberry

Ibarat perahu, Blackberry terombang-ambing dan tinggal menunggu waktu karam. Untuk mencegahnya, perlu serangkaian langkah penyelamatan yang harus diambil. Kabar terkini, salah satu langkah itu yakni memisahkan Blackberry Messenger atau BBM dari induknya. Apa yang direncanakan Blackberry?

The Wall Street Journal menulis jika Blackberry sedang memertimbangkan kemungkinan untuk ‘melepas’ BBM jadi anak perusahaan independen. Perusahaan yang dulu bernama RIM ini ingin mengamankan aset BBM yang dinilai sangat tinggi.

Pengamanan ini terkait dengan kemungkinan lain yakni opsi penjualan perusahaan. Sebagaimana diketahui sebelumnya jika Blackberry juga memertimbangkan untuk menjual perusahaan jika ada penawaran dari perusahaan lain.

Dikutip dari Mashable Kamis (29/08/13), Blackberry telah memindahkan sejumlah eksekutif ke tim BBM yang bakal bernama BBM Inc. Tujuannya, mereka akan bekerja membangun sejumlah layanan di luar pesan instan.

Layanan tersebut seperti video chatting dan BBM Channel. Fitur terakhir digadang-gadang mirip dengan Twitter. BBM Channel memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan brand serta selebritis. Selain itu BBM dikabarkan bakal bisa diakses via PC.

Jika berkompetisi dengan sejumlah layanan serupa, BBM memang jauh tertinggal dengan aplikasi lain. WhatsApp misalnya, aplikasi ini mampu merangkul 200 juta pengguna aktif. Balckberry sendiri hanya menyita 60 juta pengguna aktif di BBM.

Mungkin ini alasan mengapa Thorsten Heins rela melepas BBM ke platform lain. ‘Menjual’ BBM ke Android dan iOS bukan sebuah keputusasaan dan bukan pula aksi ‘latah’ melihat WhatsApp makin populer. CEO BlackBerry itu pasti telah benar-benar memikirkan dengan matang kebijakan yang telah diambilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda