Scroll to Top

FB Catat 1,13 Triliun Like Sejak Fitur Ini Dirilis

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 29 Aug 2013

Facebook Jempol

FB Like pertama kali diperkenalkan pada Februari 2009. Tombol berupa tanda jempol ini kini hiasi jutaan laman web dan blog dan tentu saja di situs Facebook. Menurut data infografik dari Wishpond, tercatat ada 1,13 triliun Like yang terjadi sejak fitur itu dirilis.

Masih menurut data infografik di atas, tercatat ada 4,5 miliar Facebook Like yang terjadi di saban harinya. FB Like sendiri tidak dihitung berdasar jumlah pemberian jempol yang terjadi. Wise Metrics berikan detail penjelasan soal perhitungan ini.

Situs tersebut menjelaskan jika Facebook Like mengacu pada jumlah Like yang menyukai sebuah URL. Jempol dihitung pula pada jumlah share pada sebuah URL. Terakhir, FB Like juga mengacu pada jumlah Like dan komentar di postingan Facebook pada sebuah URL.

Dari penjelasan di atas bisa diambil kesimpulan jika pengguna berbagi URL di laman Facebook-nya maka ia dianggap ikut menyukai (Like) URL tersebut meski ia tak menklik tombol Like yang ada. Perhitungan ini juga termasuk berbagi URL di inbox message FB.

Kembali ke soal data infografik dari Wishpond, situs ini juga mencatat jika FB kini miliki 1,15 miliar pengguna dengan 699 juta pengguna aktif. Terkait dengan Like, rata-rata per pengguna menklik tombol jempol sebanyak 40 kali.

Saban harinya, Facebook menerima 350 juta unggahan foto dengan total foto yang telah di-upload capai 240 miliar foto. Sedangkan pengguna FB rata-rata habiskan 20 menit tiap harinya untuk berjejaring sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda