Scroll to Top

Pentingnya Cukup Minum Bagi Anak-Anak

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 29 Aug 2013

anak minum

Siapa pun orangnya, mengonsumsi air dengan cukup sangat baik bagi kesehatan. Bahkan, bagi anak-anak, air memberikan kontribusi untuk beberapa hal bagi tubuh dan kehidupannya. Sayangnya belum semua orang tua sadar untuk memberikan air yang cukup bagi anak-anak mereka. Dalam studi yang diterbitkan American journal of Clinical Nutrition yang terbit Oktober 2010 disebutkan, anak-anak di AS banyak yang belum minum cukup air.

Sebenarnya belum ada batasan tertentu seberapa banyak harus mengonsumsi air setiap air. Sebab, kebutuhan setiap orang berbeda menurut usia, jenis, kelamin, aktivitas fisik, suhu, dan kondisi kesehatan secara umum.  Dan, bagi anak-anak, kecukupan air bisa membawa kebaikan-kebaikan sebagai berikut menurut rilis dari She Knows:

  1. Secara umum, air memberikan kebaikan bagi kesehatan fisik dan mental. Anak-anak juga menjadi idak mudah lelah dengan mengonsumsi air secara cukup.
  2. Anak-anak menjadi lebih cerdas. Beberapa studi membeberkan hasil bahwa anak-anak yang selalu terhidrasi akan tampil lebih baik dari sisi akademis dibanding mereka yang dehidrasi. Memberikan air dengan cukup sewaktu sarapan, bisa menghidrasi area abu-abu otak mereka sehingga bekerja maksimal saat di belajar di sekolah.
  3. Gigi menjadi lebih sehat. Menurut American Dental Association, fluoridasi oleh air membantu mengurangsi kerusakan gigi sebesar 20 hingga 40 persen. Selain melakukan fluoridasi, air jernih juga bebas gula yang bisa merusak gigi. Hal ini berbeda saat anak minum jus manis atau soda yang banyak kandungan gulanya.
  4. Menghindarkan anak-anak dari sembelit. Para tidak perlu risau mendapati anak mereka akan mengalami sembelit selama mereka terhidrasi. Ditambah dengan makan serat, kondisi pencernaan berfungsi lebih baik dan tidak meninggalkan feses dalam keadaan keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda