Scroll to Top

Tak Hanya Google, Nissan Juga Tawarkan Mobil Tanpa Pengemudi

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 29 Aug 2013

Nissan

Google Self Driving Car memang mengundang decak kagum. Belum resmi diperkenalkan, Nissan, produsen otomotif asal Jepang tawarkan teknologi mobil tanpa pengemudi serupa. Mereka bahkan siap meluncurkannya pada tahun 2020 nanti.

Seakan jadi tren, Nissan mengaku juga tengah kembangkan teknologi serupa. Salah satu pemain industri otomotif dunia ini bahkan mengaku akan hadirkan teknologi yang lebih pintar.

“Lebih efisien, terjangkau, dan rendah emisi,” terang Andy Palmer, Executive Vice President Nissan.

Demi menggeber teknologi yang bakal rilis tujuh tahun lagi itu, Nissan telah berkerjasama dengan sejumlah institusi teknologi ternama. Sebut saja Stanford, MIT, dan juga Oxford.

Ternyata gelagat Nissan juga diikuti produsen otomotif lain. Mereka yang menguntit yakni General Motors, Volkswagen, Ford, dan Volvo. Bagaimana dengan Google?

Google Self Driving Car pertama menggandeng Prius (Toyoto) dan telah mendapat izin operasi di negara bagian Nevada serta Florida. ‘Lampu hijau’ ini mengindikasi jika mobil tanpa supir tersebut memang sudah laik melaju di jalan raya.

Yang lebih ‘gila’ lagi, Google bakal terapkan teknologi ini pada alat transportasi publik yakni armada taksi. Disebut Robo-Taksi, Google telah lakukan pembicaraan serius dengan otoritas terkait.

Mobil pintar yang sedang dikembangkan di atas nantinya bakalmelaju sendiri dan dilengkapi pelbagai alat canggih yang tak dijumpai di mobil reguler. Sebut saja kamera pemantau lalu lintas serta alat pemetaan digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda