Scroll to Top

Di AS Ada Kampanye Anjuran Tidak Mencuci Daging Sebelum Dimasak

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 29 Aug 2013

mencuci daging

Ada kampanye unik yang dipromosikan oleh para peneliti di Drexel University dan New Mexico State University di Amerika Serikat. Kampanye ini menyerukan kepada semua masyarakat untuk tidak langsung mencuci daging ayam mentah yang akan dimasaknya. Program yang diserukan ini bertajuk “Jangan Cuci Ayam Anda”. Kampanye turut didukung oleh para koki terkenal seperti Martha Stewart, Alton Brown, dan Julia Child. Demikian dikutip She Knows.

Dalam agenda kampanye turut diputarkan video mengenai alasan perlu dihindarinya mencuci langsung daging ayam yang baru saja dibeli. Alasan kuat yang disampaikan pada video 14 detik itu adalah tercemarnya daging ayam oleh bakteri. Daging ayam mentah yang belum dicuci mengandung banyak bakteri, terutama dari jenis Salmonella dan Campylobacter.

Ketika daging ayam mentah langsung dicuci memakai air, cipratan air bisa membawa bakteri tersebut dan jatuh di tempat lain. Misalnya, saat daging ayam dicuci di wastafel, cipratannya bisa mengenai area di sekitar wastafel dan mungkin ke perkakas dapur lainnya. Cipratan berbakteri inilah yang mencemari dan bisa jadi masuk ke dalam tubuh saat seseorang menggunakan peralatan yang telah dihinggapi bakteri itu.

Menurut kampanye itu, cipratan saat mencuci  daging ayam bisa mencapai jarak hingga tiga meter. Di Amerika Serikat, setidaknya ada 1,9 juta kasus penyakit per tahun yang dihubungkan dengan pencemaran bakteri dari daging yang langsung dicuci.

Cara terbaik untuk memanfaatkan daging ayam mentah setelah  dibeli yaitu langsung merebusnya terlebih dahulu untuk mematikan bakteri yang tertinggal. Setelah dibiarkan beberapa saat pada titik didih, daging ayam baru dimanfaatkan sesuai dengan resep masakan yang akan diterapkan. Pakai perkakas lain untuk memasak terpisah dari alat masak yang dipakai untuk menyeterilkan daging dari bateri.

Selain itu, jangan lupa cuci tangan dengan sabun setelah Anda terakhir kali bersentuhan dengan daging ayam mentah.  Sehingga, tangan Anda sudah bersih saat mengolah daging menjadi masakan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda