Scroll to Top

10 Langkah Untuk Sehat Bagi Pria

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 29 Aug 2013

pria sehat

Pria memiliki ciri khas sendiri terkait urusan kesehatan. Menurut laporan dari Disease Control and Prevention (CD) dan lembaga-lembaga terkemka lainnya menyatakan, ada beberapa penyakit yang sangat lazim terjadi pada pria. Penyakit tersebut adalah penyakit jantung, kanker , penyakit pernapasan kronis, stroke , diabetes tipe 2, dan bunuh diri. Inilah beberapa hal yang juga menjadi penyebab kematian pada pria.

Dikutip Times of India, ada 10 saran kesehatan yang bisa dilakukan agar pria senantiasa memiliki tubuh dan mental yang sehat:

  1. Pilih makanan sehat. Makanan sehat memberikan energi sekaligus mencegah Anda dari hadirnya berbagai penyakit. Masukkan buah, sayuran, atau produk susu rendah lemak sebagai menu makan Anda.
  2. Menjaga berat badan. Usahakan selalu memiliki berat badan ideal untuk mecegah stroke, penyakit jantung, hipertensi, hingga diabetes. Padukan dengan gaya hidup sehat lainnya.
  3. Selalu aktif menggerakkan badan. Ini bisa ditempuh dengan berolahraga atau sering beraktivitas menggunakan badan. Aktivitas fisik secara teratur akan memberikan kebugaran dan manfaat kesehatan lainnya.
  4. Jauhi rokok. Rokok memiliki banyak kerugian seperti menimbulkan penyakit paru-paru, kanker, stroke, hingga kemandulan. Termasuk pula, jauhkan diri Anda untuk menjadi perokok pasif atau perokok ketiga.
  5. Lakukan skrining kesehatan secara teratur. Pengecekan kesehatan seperti tes kolesterol, kanker, hipertensi, infeksi seksual, dan sebagainya bisa menjadi langkah untuk mencegah hadirnya penyakit dalam tubuh Anda. Sekaligus, Anda bisa melakukan pengobatan lebih dini jika ditemukan kelainan dalam tubuh.
  6. Hindari minum alkohol. Minuman ini memicu hipertensi, depresi, kecelakaan lalu lintas, kanker, impotensi, dan sebagainya.
  7. Kelola tingkat stres Anda. Ketika mengalami stres, usahakan bisa mencari cara untuk melakukan relaksasi. Stres cukup buruk dalam mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.
  8. Cukup waktu untuk tidur malam. Kurang tidur menyebabkan masalah pada mood dan fisik. Tubuh lebih mudah mengalami peradangan ketika Anda kurang tidur. Selain itu, jika Anda menemui gangguan tidur yang menghambat jam tidur malam, sebaiknya segera hubungi dokter. Misalnya sleep apnea, mendengkur parah, dan sebagainya.
  9. Memahami risiko kesehatan yang mungkin terjadi pada Anda. Contohnya, bila orang tua Anda ada yang memiliki diabetes, maka ada kemungkinan Anda bisa pula mengalami. Terhadap risiko ini, lakukan pencegahan secara ketat berbagai hal yang bisa memicu munculnya penyakit tersebut.
  10. Lakukan segala sesuatu dengan aman. Misalnya, jika Anda mengendarai mobil maka gunakan sabuk pengaman. Jika bekerja di area konstruksi bangunan, jangan lupa memakai helm. Atau, cuci tangan secara teratur dan rawatlah gigi Anda. Apapun yang bisa membuat Anda aman dan nyaman dalam urusan kesehatan, lakukan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda