Scroll to Top

Hasil Pilgub Jatim 2013: Quick Count Unggulkan KarSa

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 29 Aug 2013

Hasil Pilgub Jatim 2013 Quick Count Unggulkan KarSa

Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Gus Ipul) atau KarSa unggul dalam hasil hitung cepat (quick count) Pilkada Jawa Timur 2013. Beberapa lembaga survey mencantumkan bahwa KarSa mendapatkan persentase 46 hingga 48%, melewati para pesaing, termasuk yang terdekat, pasangan Berkah (Khofifah Indar Parawansa-Herman S. Sumawiredja).

Semisal, data yang disuguhkan oleh IRC (Indonesia Research Center), menyebutkan KarSa mendapatkan 47,37% suara. Mereka unggul dari BerKah yang memperoleh 37,34%. Di peringkat ketiga ada pasangan Bambang-Said (Bambang DH-Said Abdullah) dengan 12,86%. Di peringkat terbuncit ada Eggi Sudjana-Mochamad Sihat (Beres) dengan 2,43%. Survey dari IRC ini sudah 100%.

Senada dengan IRC, SMRC atau Saiful Mujani Research and Consulting meletakkan Pakde Karwo menjadi yang nomor satu. Pasangan KarSa mendapatkan 46,97%. Keadaan deretan berikutnya juga mirip. Berkah ada di peringkat kedua dengan 37,77%. Mereka disusul oleh Bambang-Said (12,91%) dan Beres (2,35%).

Disebutkan oleh Deni Irfan, peneliti senior SMRC, keberhasilan KarSa tak terlepas dari kinerja pasangan incumbent yang dinilai apik oleh sebagian besar masyarakat Jawa Timur.

Dikutip oleh bisnis-jabar.com, rilisan Proximity menyebutkan KarSa unggul dengan 48,34 % suara. Mereka diikuti pasangan BerKah (37,05%), Bambang-Said (12,89%), dan Beres (2,03%).

Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang ditemui detik di rumah dinas Gubernur Jatim, menyebutkan optimisme dengan hasil quick count ini. Katanya, “Menurut pengalaman, quick qount tidak terlalu jauh dengan hasil KPU. Setidaknya, apa yang selama ini kami prediksi itu setidaknya tergambar di quick qount ini.”

KPUD Jawa Timur sendiri baru akan mengumumkan hasil perhitungan pada 5 hingga 7 September 2013 mendatang. Sedangkan pelantikan Gubernu/Wakil Gubernur hasil pemilihan akan berlangsung pada 12 Februari 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda